Rabu, 01 Juni 2016

Pangdam IX/Udayana Kunker Ke Korem 161/Wira Sakti


Pendam IX/Udayana
1 Juni 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Selama dua hari, dari tanggal 31 Mei dan 1 Juni 2016,  Pangdam IX/ Udayana Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko, M.D.A., melakukan kunjungan kerja atau Kunker di wilayah Korem 161/Wira Sakti.

Ada beberapa agenda kegiatan yang dilakukan Pangdam IX/Udayana dalam kunjungan kerja ini yang didampingi oleh Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD IX/Udayana dan beberapa pejabat teras Kodam IX/Udayana, antara lain kunjungan ke Makorem 161/Wira Sakti, Penyerahan tugas tanggung  jawab Danbrigif 21/Komodo, Penutupan Pelaksanaan TMMD Ke 96 TA. 2016 di Desa Batnun, Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan dan juga direncanakan meninjau lokasi cetak sawah di Desa Nunkurus Kabupaten Kupang.

Pada kunjungan di Makorem, kedatangan Pangdam IX/Udayana beserta rombongan disambut dengan tarian Adat Natoni dan sapaan Adat Timor yang memiliki makna ucapan selamat datang dan terimakasih atas kehadiran Pangdam di wilayah Korem 161/Wira Sakti sekaligus berdoa agar selama kegiatan kunjungan kerja ini dapat berjalan aman dan lancar. Pangdam selanjutnya menerima paparan satuan yang disampaikan oleh Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Heri Wiranto, S.E., M.M yang melaporkan tentang kondisi saat ini dari Korem 161/Wira Sakti dihadapkan kepada tugas pokok yang dilaksanakan sebagai satuan jajaran Kodam IX/ Udayana yang memiliki nilai strategis secara geografis.
Selesai paparan satuan, kegiatan dilanjutkan dengan pengarahan Pangdam IX/Udayana kepada seluruh prajurit dan Pegawai Negeri Sipil Korem 161/Wira Sakti dan jajaran di wilayah Kupang dengan beberapa penekanan antara lain ;  Pangdam mengajak seluruh prajurit untuk bersyukur yang makna didalamnya melekat amanah dan kesejahteraan. Bersyukur tersebut dapat diwujudkan dengan bekerja yang terbaik. Menurut Pangdam bekerja dengan keluh kesah dan kemalasan tidak akan mengubah tugas pokok kita tetapi sebaliknya  bila dalam melaksanakan tugas pokok dapat dilaksanakan secara ikhlas maka akan bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat luas.

Selanjutnya Pangdam menekankan untuk fokus pada tugas pokok kaitannya dengan pembinaan kekuatan satuan dan pembinaan teritorial khususnya di wilayah Nusa Tenggara Timur. Pangdam mengapresiasi Korem 161/Wira Sakti selama ini telah dapat melaksanakan tugas pokok secara baik dalam pembinaan teritorial yang mana hal ini adalah wujud kontribusi terbaik yang telah dilakukan oleh seluruh anggota. Untuk itu Pangdam mengingatkan akan makin pentingnya tugas pembinaan teritorial yang bisa diwujudkan dengan tampil baik di masyarakat sehingga rakyat makin cinta kepada TNI. "Pegang teguh Sumpah Prajurit, Sapta Marga, Delapan Wajib TNI dan Panca Prasetya Korpri bagi PNS yang sampai saat ini masih relevan dengan kondisi kekinian",tegas Pangdam. Sebagai keluarga besar TNI maka kita harus mampu meningkatkan sikap saling asah, asih dan asuh untuk saling membantu dan mengingatkan jika ada kesulitan atau kekeliruan. Pangdam juga menyampaikan terkait pelaksanaan tugas pokok bahwa saat ini relatif terdukung dengan anggaran yang memadai, untuk itu Pangdam meminta terapkan administrasi secara baik, terbuka, akuntabel serta dapat dipertanggung jawabkan.

Pada akhir pengarahannya Pangdam mengingatkan akan perkembangan teknologi informasi (TI) yang memberikan dua sisi yang berbeda. Satu sisi bisa bermanfaat yang dapat memudahkan hidup kita, tetapi pada sisi lain banyak sekali bahaya dan ancaman di dalamnya. Teknologi Informasi banyak dimanfaatkan hal-hal salah seperti jual beli Narkoba, aliran sesat, pergaulan bebas dan pornografi. Untuk itu Pangdam menekankan perlunya membentengi diri dengan ajaran agama, jaga persatuan dan kesatuan, pentingnya hubungan baik antara perorangan dan satuan. Yang lebih penting lagi bagi para pemimpin atau Parwira untuk dapat menerapkan kepemimpinan tatap muka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar