Sabtu, 06 Agustus 2016

Duta Yongmoodo Kodam IX/Udayana Mengukir Prestasi


Pendam IX/Udayana
6 Agustus 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Yongmoodo merupakan seni beladiri asal Korea Selatan, mulai tahun 2012 Yongmoodo menyemarakkan keragaman seni beladiri di Indonesia. Sejalan dengan falsafah militer yang menjunjung sportifitas dan patriotisme, beladiri tangan kosong (Yongmoodo) telah menjadi seni beladiri wajib di TNI Angkatan Darat sejak 2008. Sejak didirikannya Federasi Yongmoodo Indonesia (FYI) tahun 2012, seni beladiri asal Korea Selatan (Yongmoodo) mulai disosialisasikan kepada masyarakat umum dan pada PON XIX tahun 2016 yang akan datang di Kota Bandung juga akan dilaksanakan pertandingan eksebisi Yongmoodo.

Kejuaraan BDM (YONGMOODO) Kasad Cup Ke-6 TA 2016, diikuti 28 Kontingen terdiri dari 18 Kontingen Militer (Kotama dan Balakpus) dan 10 Kontingen Pengda Provinsi. Jumlah peserta dari Kontingen Militer 442 orang.
Materi yang dipertandingkan antara lain, untuk perorangan Putra : Kelas (-60) kg, Kelas (-65) kg, Kelas (-70) kg, Kelas (-75) kg, Kelas (-80) kg, Kelas (-85) kg, Kelas (-90) kg dan Kelas (+95) kg. Untuk perorangan Putri : Kelas (-55) kg, Kelas (-60) kg, Kelas (-65) kg dan Kelas (+65) kg. Untuk beregu Putra mempertandingkan 5 orang inti dan 2 orang cadangan.

Kejuaraan BDM (YONGMOODO) Kasad Cup Ke-6 TA 2016, memperebutkan juara I, II dan (III/Bersama) Masing-Masing Kelas Perorangan Putra, kemudian juara I, II dan (III/Bersama) Masing-Masing Kelas Perorangan Putri, serta juara I, II dan III Beregu Putra dan juara Umum. Kejuaraan BDM (YONGMOODO) Kasad Cup Ke-6 TA 2016, dilaksanakan tanggal 2 s.d 4 Agustus 2016, bertempat di Pardede Hall Jalan Syailendra Medan dan terbuka umum.

Kejuaraan Bela Diri Militer (Yongmoodo) Piala Kasad Cup Ke-6 TA 2016 di Gor Pardede Hall Jalan Syaelendra Medan berlangsung selama 3 hari dan secara resmi ditutup Kamis (4/8) oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letnan Jenderal TNI Moh. Erwin Safitri, Pada upacara penutupan kejuaraan Bela Diri Militer (Yongmoodo) Piala Kasad Cup Ke 6 TA 2016, Wakasad membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono, dalam amanatnya menyampaikan, selama tiga hari para peserta Kejuaraan Beladiri Militer (Yongmoodo) telah mengikuti pertandingan demi pertandingan pada setiap kelas dengan semangat bertanding dan sportivitas yang tinggi. Hal itu merupakan sesuatu yang harus diapresiasi, karena kemenangan bukanlah satu-satunya tujuan akhir, tetapi kegigihan, keuletan dan kemauan untuk berkompetisi serta selalu menampilkan performa yang terbaik dan mengukir prestasi itulah yang paling utama.

Dari rangkaian kegiatan Kejuaraan BDM (Yongmoodo) Kasad Cup Ke-6 TA 2016
Yang di buka Kasad tanggal 2 Agustus 2016 dan di tutup tanggal 4 Agustus 2016, Atlit Kodam IX/Udayana merah prestasi yang cukup membangakan yaitu Kelas 60 kg Putri meraih juara II (Medali perak) atas nama Serda (K) Morina Anggar sari yang berdinas di Denpom Kupang dan kelas 90 kg Putra meraih juara III (Medali Perunggu) atas nama I Kadek Astika yang berdinas di Kesdam IX/Udayana. Keuletan dan kegigihan serta kerja keras yang ditunjukkan para atlet selama berkompetisi secara sehat dan sportif melalui cerminan semangat juang yang tinggi, merupakan kebanggaan tersendiri bagi setiap kontingen peserta dalam menjaga nama baik dan kehormatan para atlet dan Satuannya masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar