Jumat, 09 September 2016

Pangdam IX/Udayana : “Negara Indonesia Dari Saat Merdeka Sudah Dibangun Suatu Ikatan Kebersamaan Dan Gotong Royong”


Pendam IX/Udayana
9 September 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Program Operasi Teritorial TNI Tahun Anggaran 2016 di Wilayah Korem 161/Wira Sakti khususnya yang dilaksanakan di Kodim 1605/Belu terus mendapatkan peninjauan atau pantauan dari Komando Atas. Jika pekan lalu mendapatkan kunjungan dari Staf Teritorial Mabes TNI, maka pada Kamis ini (08/09/2016) giliran Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko, M.D.A yang melakukan peninjauan ke lokasi kegiatan di Dusun Baumuti, Desa Faturika, Kecamatan Raimanuk, Kabupaten Belu.

Pangdam di lokasi ini melaksanakan peninjauan pada kegiatan sasaran fisik Operasi Teritorial berupa pembukaan jalan desa sepanjang 6000 meter dengan lebar 6 meter. Jalan ini dibuka dari ujung Desa Faturika sampai ke batas Sungai Babulu yang berbatasan dengan Kampung Alas, wilayah Kabupaten Malaka.

Kehadiran Pangdam yang langsung didampingi oleh Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD IX/Udayana, disambut oleh Dandim 1605/Belu Letkol Inf M. Nanang Nazamudin, S.E., M.M., Camat Raimanuk Gabriel Taek,  Kabag Ops Polres Belu AKP Apolonario Da Silva, Para Kepala Desa se Kecamatan Raimanuk, para Pelajar dan Pendidik  SDK Kawelilan Faturika, para Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat serta Warga Masyarakat Dusun Baumuti, Desa Faturika yang  berjumlah delapan ratusan orang. Persembahan tari penyambutan dan pengalungan Kain Tais menjadi ciri khas adat setempat untuk menyambut kehadiran Pangdam dan rombongan di desa tersebut yang adat istiadatnya masih sangat kental dan lestari.

Pada kesempatan ini, Pangdam IX/Udayana melaksanakan tatap muka dengan Warga Masyarakat Dusun Baumuti Desa Faturika Kecamatan Raimanuk. Kegiatan tatap muka diawali dengan sambutan Camat Raimanuk yang  menyampaikan ucapan selamat datang dan terimakasih atas kehadiran Pangdam IX/Udayana di wilayah mereka. Di hadapan Pangdam dan rombongan, Camat Raimanuk menyampaikan latar belakang keberadaan  dan kondisi wilayah Dusun Baumuti Desa Faturika, Kecamatan Raimanuk, dimana wilayah kecamatan ini terdiri dari 9 Desa. Lebih lanjut Camat juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dandim beserta jajarannya yang sudah membantu dan membina desa/wilayah yang merupakan tugas dan tanggung jawabnya.

Sementara itu Pangdam IX/Udayana dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas dukungan masyarakat Desa Faturika dalam pelaksanaan dan suksesnya kegiatan Opster TNI kali ini. Dibangunnya sarana jalan  di Dusun Baumuti dan juga dusun lainnya dimaksudkan untuk membantu warga dalam memperlancar transportasi di wilayah perbatasan. Hal Ini juga menjadi program dari Presiden RI untuk membangun  wilayah perbatasan atau membangun Indonesia dari wilayah pinggiran atau beranda terdepan negara ini,  seperti yang saat ini dilakukan di Kabupaten Belu dan Malaka.

Selanjutnya Pangdam mengatakan bahwa Negara Indonesia dari saat merdeka sudah dibangun dalam suatu ikatan  kebersamaan dan gotong royong dari semua suku, ras dan golongan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI.  "Bahwa hari ini kita membuktikan kegiatan yang kita laksanakan adalah berkat kerjasama dan gotong royong", sebut Pangdam.

Kegiatan tatap muka yang berlangsung sekitar satu jam diakhiri dengan penyerahan  bantuan Sembako secara simbolis oleh Pangdam IX/Udayana sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat Desa Faturika .

Dalam kunjungan peninjauan kegiatan Opster ini, Pangdam IX/Udayana juga didampingi oleh Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Heri Wiranto, S.E.,M.M., beserta Ibu, Asop Kasdam Kolonel Inf Wawan, Aster Kasdam Kolonel Inf Heri Susanto serta Kasiter Korem 161/Wira Sakti Letkol Inf Afson Riswandi Sirait, S.E.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar