Selasa, 04 Oktober 2016

TABUR BUNGA DI PANCAKA TIRTA Pangdam Pimpin Ziarah Nasional



Pendam IX/Udayana
4 Oktober 2016

Masih dalam rangkaian acara peringatan hari Ulang Tahun ke-71 Tentara Nasional Indonesia, Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Kustanto Widiatmoko, M.D.A, sebagai inspektur upacara pada Ziarah Nasional yang dilaksanakan pada Selasa (4/10) di Taman Makam Pahlawan Pancaka Tirta Tabanan.

Pangdam IX/Udayana tiba di TMP Pancaka Tirta pada pukul 07.15 wita, langsung menuju ruang transit dan tepat pada pukul 08.30 wita  memimpin ziarah Nasional yang dilaksanakan dengan Upacara Militer di halaman tengah Taman Makam Pahlawan Pancaka Tirta Tabanan.

Ziarah Nasional dalam momen yang bersejarah peringatan hari Ulang Tahun ke-71 TNI ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenang dan memberikan penghormatan kepada arwah para pahlawan kusuma bangsa yang telah dengan gigih meneteskan keringat, pantang menyerah,  menumpahkan darah, berkorban jiwa raga dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan, untuk itu sudah sepatutnya rasa syukur, penghargaan dan penghormatan diberikan kepada para pahlawan dengan cara menghormat, menundukkan kepala sejenak untuk mengheningkan cipta dan mendoakan arwah para pahlawan semoga dengan segala pengorbanannya yang  tulus iklas tanpa pamerih mendapatkan phala yang setimpal dengan dharma bhaktinya serta menaburkan bunga di pusara para Pahlawan sebagai tanda cinta kasih dan ucapan terimakasih kepada para Pahlawan.

Demikian mulianya makna Ziarah Nasional ini sehingga dalam pelaksanaannya, diawali dengan penghormatan dirangkai dengan mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga di depan candi induk, kemudian doa dan dilanjutkan dengan tabur bunga. Ziarah ini diikuti oleh anggota TNI dan keluarga besar TNI  baik Angkatan Darat, Laut dan Udara jajaran Garnizun Denpasar, yang tersusun dalam kelompok Perwira Menengah, kelompok Perwira Pertama, kelompok Wanita TNI ( Kowad, Kowal dan Wara) pasukan Bintara/Tamtama tak bersenjata, pasukan Bintara/Tamtama  bersenjata, kelompok Pegawai Negeri Sipil, kelompok Persit Kartika Chandra Kirana, Jala Sena Stri dan Via Ardya Garini serta diiringi oleh kelompok musik Ajendam IX/Udayana, yang secara keseluruhan berjumlah sekitar 700 orang.

Pada kesempatan tersebut  juga hadir Kasdam IX/Udayana, Brigjen TNI Stephanus Tri Mulyono, Irdam IX/Udayana, Kolonel Czi Lalu Rudy Irham Srigede, Danrem 163/Wira Satya, Kolonel Inf I Nyoman Cantiasa, Para Asisten, Para Perwira Ahli, Pa Liaison, Dan Lanud, Para Kabalak Kodam IX/Udayana dan sejumlah pejabat lainnya.

Ziarah dapat berlangsung dengan tertib dan hidmat  diakhiri dengan pengisian buku tamu oleh Pangdam IX/Udayana. (Pendam IX/Udayana).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar