Sabtu, 15 Oktober 2016

Taruna AAL Kunjungi Makorem 161 Wira Sakti

Pendam IX/Udayana
15 Oktober 2016

Serangkaian kegiatan Kartika Jala Krida (KJK) Tahun 2016, Sejumlah Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) melaksanakan kunjungan ke Makorem 161/Wira Sakti, yang diterima langsung oleh Kasrem 161/Wira Sakti Kolonel Inf Gregorius Suharso beserta Para Kasi dan Komandan/Kepala Balak Aju Korem 161/Wira Sakti, bertempat di Ruang Data Serambi Kehormatan Makorem, Jumat (14/10/2016).

Rombongan Taruna AAL yang terdiri dari empat taruna dan satu taruni dipimpin oleh Komandan Satuan Tugas Kartika Jala Krida (Dansatgas KJK) Kolonel Laut (P) Arif Budiman didampingi Asops Lantamal VII Kupang Kolonel Laut (P) Bambang T., Komandan Kapal KRI Banda Aceh 593, Letkol Laut (P) Budi Santoso serta beberapa Perwira lainnya yang merupakan pembina dan pendamping para taruna selama kegiatan Kartika Jala Krida ini. Pada Kesempatan ini Kasrem yang mewakili Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Heri Wiranto, S.E.,M.M., menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang kepada Ketua rombongan dan para Taruna AAL yang telah menyempatkan untuk mengunjungi Korem 161/Wira Sakti, yang merupakan salah satu Korem Perbatasan di Negara Indonesia dimana wilayah tugasnya berbatasan langsung dengan dua negara tetangga yaitu Republic Democratic Timor Leste (RDTL) dan Australia.

Kasrem juga menyinggung tiga tugas pokok utama dari Korem 161/Wira Sakti yaitu sebagai Satuan Komando Kewilayahan, sebagai Satuan Komando Pelaksana Operasi Pengamanan Perbatasan RI-RDTL serta sebagai Satuan Komando Pelaksana Operasi Pengamanan Pulau Terluar. Hal ini relevan dalam mengimplementasikan  Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 Tentang TNI khususnya Pasal 7 b tentang tugas Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Di samping itu Kasrem juga menjelaskan tentang tugas-tugas dalam pemberdayaan wilayah pertahanan di darat utamanya untuk membantu tugas-tugas pemerintah daerah dalam menjalankan pembangunan. Saat itu Korem 161/Wira Sakti dan jajaran sedang gencar-gencarnya mendukung program swasembada pangan yang sudah dicanangkan oleh pemerintahan Presiden RI Ir. Joko Widodo sejak Tahun 2015 lalu dan harus tercapai di Tahun 2017. Program ini dilaksanakan melalui program cetak sawah, gerakan tanam serempak, Brigade Alsintan, pengawalan dan pendampingan oleh Para Babinsa, penyerapan gabah petani atau Sergap yang semua bersinergi dengan instansi terkait seperti Dinas Pertanian dan Perkebunan serta Badan Urusan Logistik (Bulog) Di akhir sambutan, Kasrem berharap bahwa kegiatan Kartika Jala Krida (KJK) Tahun 2016 yang dilakukan oleh Para Taruna AAL di wilayah Kupang, Nusa Tenggara Timur dengan salah satunya menyinggahi Korem 161/Wira Sakti dapat memberikan manfaat dan tambahan wawasan pengetahuan tentang satuan ini yang merupakan Korem tipe A berstatus bintang satu yang dipimpin oleh Komandan Korem berpangkat Brigadir Jenderal.

Sementara itu Dansatgas KJK Kolonel Laut (P) Arif Budiman menceritakan bahwa Satgas ini membawa 103 Taruna Taruni terdiri dari 92 Taruna dan 11 Taruni mengawali pergerakan dari Jakarta dengan menggunakan KRI Banda Aceh 593 yang merupakan kapal produk bangsa sendiri dari PT PAL menuju Surabaya untuk menjemput para Taruna AAL kemudian melanjutkan perlajanan ke Kupang di NTT. Selanjutnya akan melaksanakan perjalanan menuju Sidney Australia, Auckland Selandia Baru, kembali ke Brisbane Australia, Ambon dan Jakarta. Perjalanan ini akan dilaksanakan selama 71 hari dengan judul kegiatan Kartika Jala Krida (KJK) dimana Satgas ini melaksanakan pelayaran dan berlatih, utamanya melatihkan dan mempraktekan segala teori yang diperoleh para Taruna AAL selama di lembaga pendidikan.

Untuk di Kupang sendiri Satgas KJK singgah selama empat hari dengan melaksanakan berbagai kegiatan seperti untuk mensosialisasikan serta mempromosikan tentang Akademi Angkatan Laut kepada generasi muda NTT yang menurut Dansatgas KJK Kolonel Laut (P) Arif Budiman memiliki potensi yang bagus. Juga akan dilaksanakan Kirab Drum Band Taruna AAL yaitu disebut Kirab Kota Genderang Suling Gita Jala Taruna yang akan didampingi beberapa grup drum band lokal pada hari Sabtu (15/10/2016) pukul 09.00 Wita, yang start dari depan Rumah Jabatan Gubernur NTT Jalan Eltari menuju arah Mapolda NTT Jalan Suprato, Jalan Sudirman Kuanino dan berakhir di depan Kantor Bupati Lama, diharapkan masyarakat Kota Kupang dapat menyaksikan atraksi para Taruna AAL tersebut. Masyarakat umum juga dipersilahkan untuk mengunjungi KRI Banda Aceh 593 yang saat ini bersandar di Lantamal VII Kupang, tambahnya. Rangkaian kegiatan kunjungan Taruna AAL di Korem 161/Wira Sakti diakhiri dengan pertukaran plakat dan foto bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar