Jumat, 25 November 2016

Apel Kebhinnekaan Tingkatkan Persatuan Dan Kesatuan



Korem 161/Wira Sakti
Jumat, 25 Nopember 2016

Kodim 1601/Sumba Timur bersama komponen masyarakat lainnya menghadiri kegiatan Apel kebhinnekaan  dalam rangka meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat guna mewujudkan persatuan dan kesatuan NKRI, Kamis, (24/11) bertempat di Lapangan Pemda Sumba Timur Jln. Soeharto no 42 Kelurahan  Matawai Kecamatan Kota Waingapu, Sumba Timur.

Sejumlah undangan hadir pada kegiatan ini, antaranlain Unsur Forkopimda, para kepala SKPD, TNI, Polri, Satpol PP,  Ibu-ibu Penggerak PKK dan peserta upacara dari berbagai paguyuban secara keseluruhan  berjumlah sekitar 300 orang. Adapun yang menjadi inti dari apel Kebihinnekaan tersebut antara lain, mencegah terjadinya konflik Sara di wilayah Kabupaten Sumba Timur.

Pada kesempatan ini juga dilakukan pembacaan deklarasi damai oleh tokoh agama dari seluruh perwakilan umat beragama yang ada di Kabupaten Sumba Timur yang disaksikan oleh Unsur Forkopimda Sumba Timur. Dalam  sambutannya Inspektur Upacara, Wakil Bupati Sumba Timur Umbu Wili Pekuwali, S.T., M.T., mengatakan bahwa Bangsa Indonesia yang terdiri dari beranekaragam suku, agama dan ras harus tetap dibudayakan dan dipelihara dengan baik.

Terjadinya situasi sosial dan politik belakangan ini mengakibatkan  adanya sekelompok orang  yang tidak terima dengan hal tersebut, sehingga memungkinkan terjadi perpecahan. Untuk itu Wakil Bupati mengajak semua hadirin untuk memelihara kerukunan antar umat beragama serta harus tetap dipertahankan dengan memperkuat FKUB di wilayah Kabupaten Sumba Timur.
Menurutnya selama ini di wilayah Sumba Timur secara berkala dilakukan pertemuan atau silahturahmi oleh FKUB untuk menjalin komunikasi serta mencegah terjadi potensi yang dapat mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa.

Harapan dengan dilaksanakannya apel kebihinekaan ini akan menimbulkan kesadaran masyarakat semua untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia, pungkasnya. (Korem 161/Wira Sakti).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar