Selasa, 27 Desember 2016

Apel Gelar Pasukan Pam VVIP Kunker RI I Di Wilayah NTT


Pendam IX/Udayana
Selasa, 27 Desember 2016

Bertempat di Lapangan Apel Makorem 161/Wira Sakti Kota Kupang telah berlangsung Apel Kesiapan dan Gelar Pasukan dalam rangka pengamanan VVIP Kunjungan Kerja Presiden RI di Wilayah Provinsi NTT, dengan Pimpinan Apel Kapolda NTT Brigjen Pol Drs. E. Widyo Sunaryo, Selasa (27/12/2016), dihadiri oleh Kabinda NTT, Kasi Ops Korem 161/WS, Danlantamal Vll/Kupang, Dan Lanud El Tari, dikuti peserta apel dari unsur TNI, Kepoliasian dan Pemerintah Daerah.

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko, M.D.A., dalam amanat yang dibacakan oleh Kapolda NTT Brigjen Pol Drs. E. Widyo Sunaryo mengatakan beberapa hal antara lain, sesuai rencana Presiden RI berserta rombongan akan melaksanakan kunjungan kerja selama 2 hari yaitu pada tanggal 27 dan 28 Desember 2016 dalam rangka peresmian pembangunan Pintu Lintas Batas Negara Motaain di Kabupaten Belu Provinsi NTT.

Kodam IX/ Udayana selaku Koops PAM VVIP wilayah Bali dan Nusa Tenggara bersama-sama dengan Polda, Pemda setempat dan unsur pendukung lainnya selalu bersinergi untuk mencapai tujuan dan sasaran pengamanan VVIP secara optimal. Dalam pelaksanaannya memerlukan kejelasan tugas, tanggung jawab serta rantai komando yang efektif dan efisien agar tujuan dan sasaran pengamanan baik objek, rute dan tempat pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan maksimal dan sukses. Lebih lanjut dikatakan bahwa apel yang dilaksanakan ini bertujuan mengecek kesiapan pasukan baik secara perorangan maupun satuan sesuai Protap VVIP yang berlaku sehingga dalam pelaksanaannya dapat berjalan secara aman, tertib dan lancar dan juga sebagai sarana untuk melaksanakan koordinasi antar unsur yang ada di lapangan sehingga tidak terjadi hambatan sekecil apapun dan manakala terjadi hambatan dapat segera diatasi melalui koordinasi dan komunikasi secara cepat.

Agar pelaksanaan pengamanan dapat berjalan sesuai harapan maka Pangdam IX/Udayana beberapa penekanan sebagai berikut, pertama, pahami dan kuasai Prosedur Tetap Pengamanan VVIP sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing. Kedua, pegang teguh disiplin dan pahami rantai Komando agar tugas pengamanan dapat terlaksana dengan baik. Ketiga, jangan lengah dan tingkatkan kepekaan terhadap segala kemungkinan yang dapat dimanfaatkan oleh pihak lain untuk mengganggu pelaksanaan pengamanan. Kempat, jangan ragu dalam bertindak dan tingkatkan koordinasi secara optimal dengan seluruh unsur terkait. Kelima, cermati, ikuti dan laporkan setiap perkembangan situasi di Lapangan.
Sementara itu kegiatan yang sama juga dilaksanakan Apel Gelar Pasukan PAM VVIP di wilayah Belu tepatnya di Lapangan Alun-Alun Atambua yang dipimpin oleh Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Heri Wiranto, S.E.,M.M. yang juga dimaksudkan untuk mengecek seluruh unsur yang terlibat dalam pengamanan kunjungan kerja Presiden RI dalam rangka kegiatan peresmian PLBN Mota'ain dan rangkaian kegiatan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar