Jumat, 13 Januari 2017

Kadispenad, Insan Penerangan Sebagai Pelopor Ketahanan Informasi Di Tengan Darurat Informasi



Pendam IX/Udayana
Jumat, 13 Januari 2017

Penerangan Kodam IX/Udayana  dibawah kepemimpinan Kolonel Inf J. Hotman Hutahaean, S.Sos, menyelenggarakan acara syukuran dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-66 Dinas Penerangan Angkatan Darat, pada Jumat (13/1) di Aula Pendam IX/Udayana.

Peringatan ulang tahun kali ini mengusung tema “Melalui Hari Jadi ke-66, Kita Mantapkan Peran Penerangan Yang Semakin Profesional Dalam Menjawab Tantangan Dinamika Informasi Dan Teknologi Guna Mendukung Tugas Pokok TNI AD” dilaksanakan dengan menggelar acara syukuran secara sederhana namun tetap hidmat dan tidak mengurangi makna.

Kesederhanaan ini adalah merupakan suatu perubahan paradigma berpikir dalam menyikapi dan memaknai sebuah ulang tahun, dimana peringatan ulang tahun bukan lagi semata-mata sebagai sarana untuk meluapkan kegembiraan sesaat namun diarahkan pada hal yang lebih bermakna dan substansial sesuai dengan sasarannya. Peringatan hari ulang tahun lebih dimaknai sebagai sebuah momentum untuk introspeksi diri, melakukan evaluasi terhadap  apa yang telah dapat dikerjakan dan dicapai selama kurun waktu setahun yang lalu untuk dijadikan sebagai bahan penyempurnaan menuju kondisi yang lebih baik dimasa berikutnya.

Pada kesempatan tersebut Kapendam IX/Udayana membacakan sambutan  Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat, Brigadir Jenderal TNI  MS. Fadhilah, yang pada intinya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh warga dan keluarga besar Penerangan, atas kerja keras yang telah dilakukan selama ini, sehingga Penerangan Angkatan Darat mampu melaksanakan berbagai tugas dengan baik dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD.

Selanjutnya Kadispenad juga menyampaikan arahan, bahwa seiring dengan perkembangan lingkungan strategis yang begitu cepat dan dinamis, peran dan fungsi penerangan menjadi semakin penting dalam mendukung pencapaian tugas pokok TNI Angkatan Darat. Kepentingan organisasi terhadap pengelolaan informasi secara tepat baik untuk publikasi maupun penerangan internal tidak bisa lagi dihindari atau ditunda-tunda, sehingga membuat  tuntutan dan tantangan yang dihadapi oleh personel penerangan menjadi semakin berat. Kondisi ini menuntut insan Penerangan Angkatan Darat untuk terus meningkatkan kualitas sumber daya yang diperlukan, baik personel, infrastruktur maupun suprastruktur, agar mampu bekerja secara lebih profesional dalam mendukung tugas pokok TNI AD

Disamping itu jalinan komunikasi dan kerjasama dengan instansi sejenis diberbagai bidang juga perlu terus dibangun dan diperkuat agar mampu saling mengisi dan membantu dalam sebuah sinergitas yang kokoh, perlu disadari arus informasi yang beredar, khususnya melalui media sosial, saat ini semakin sulit untuk dikendalikan, dan sangat besar dampaknya terhadap cara berpikir maupun perilaku masyarakat,  sulit untuk menyaring dan membedakan mana berita yang benar dan bermanfaat, dengan berita bohong yang berpotensi merusak.

Bila hal ini tidak disikapi dengan benar, maka potensi kerusakan moral dan karakter bangsa akan sangat  besar dan membahayakan, oleh karena itu, sebagai insan penerangan harus mampu menjadi pelopor ketahanan informasi ditengah tengah situasi darurat informasi yang saat ini sedang melanda kehidupan masyarakat, bangsa dan negara. Insan Penerangan harus mampu menjadi contoh dan sekaligus sebagai penggerak kesadaran masyarakat untuk menyikapi dan mengelola informasi secara benar untuk kepentingan yang positif.

Berbagai upaya positif yang digagas oleh masyarakat untuk mencegah kerusakan moral dan karakter bangsa akibat informasi yang tidak bertanggung jawab, seperti Deklarasi Masyarakat Anti Hoax yang dilakukan secara serentak di 6 kota pada tanggal 8 Januari yang lalu, harus didukung dengan sepenuhnya, Insan Penerangan harus berperan aktif untuk membantu mewujudkan ketahanan informasi demi menjaga tetap tegaknya Ketahanan Nasional diberbagai bidang, untuk itu kesadaran internal harus benar-benar dimiliki oleh setiap insan penerangan beserta keluarganya, agar tidak terpengaruh oleh perilaku-perilaku negatif dalam berkomunikasi atau menggunakan media informasi, khususnya media sosial, pahami dan taati berbagai himbauan dan  ketentuan yang telah dikeluarkan organisasi, kemudian sebarkan informasi positif tersebut kepada keluarga masing masing serta masyarakat sekitar, demikian arahan Kadispenad dalam sambutan yang dibacakan Kapendam IX/Udayana pada Acara syukuran di Aula Pendam IX/Udayana. (Pendam IX/Udayana).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar