Selasa, 10 Januari 2017

Kodim 1609/Buleleng Terjun Langsung Bantu Petani Tidak Hanya Teori



Pendam IX/Udayana
Selasa, 10 Januari 2017

Di subak sanda, dusun Tabog Desa Kayu Putih, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng. Babinsa Desa Kayu Putih atas nama Serda Putu Edi Suartawan bersama pemilik dan tukang olah melaksanakan walping kegiatan pengolahan lahan milik Bapak Putu Ratna, Senin (9/1) di Buleleng.

Dengan pengolahan lahan secara manual membutuhkan waktu berhari-hari, sedangkan dengan adanya mesin bajak dan mesin tanam dapat dilakukan dengan cepat, sehingga sangat menghemat waktu petani dalam menggarap sawah.

Upaya percepatan tanam sudah merupakan langkah yang harus di lakukan dengan adanya dukungan alat mesin pertanian yang ada dan merupakan bagian dari upaya meningkatkan kesejahtraan petani, serta produktifitas pertanian.

Hal tersebut tentunya akan sangat membantu petani baik dari segi biaya yaitu lebih hemat sekitar 30 persen dan efektifitas waktu olah lahan yang bermuara pada percepatan dan peningkatan produktifitas pertanian dalam menunjang program ketahanan pangan secara nasional .

Penanaman padi dengan menggunakan alat mesin pertanian sejak pengolahan hingga tanam saat ini, sebagai upaya percepatan dan efektifitas, sehingga menguntungkan bagi petani di wilayah Buleleng.

Danramil 1609-06/Banjar, Kapten Inf  Suyono menyampaikan bahwa pendampingan Babinsa dan PPL telah mengarahkan petani untuk menggunakan mesin pertanian saat pengolahan hingga penanaman padi. Setelah di kalkulasi dengan cara tradisional, maka penggunaan alat mesin pertanian sangat efektif dan efisien.

Selanjutnya Komandan Kodim 1609/Buleleng Letkol Inf Slamet Winarto, S.E. mengatakan pihaknya sudah memerintahkan jajarannya untuk mengoptimalkan penggunaan Alsintan untuk percepatan tanam berikutnya. (Penrem 163/Wira Satya)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar