Senin, 24 Juli 2017

Membekali Diri Dalam Pengabdian, Kodim 1626/Bangli Gelar Sosialisai Imigrasi



Pendam IX/Udayana
Senin, 24 Juli 2017

Guna mewujudkan pengawasan orang asing dan tegaknya keutuhan wilayah kesatuan NKRI, Kodim 1626/Bangli menggelar sosialisasi keimigrasian di Aula Makodim 1626/Bangli, Senin (24/7).

Kegiatan sosialisasi dibuka oleh Kasdim 1626/Bangli Mayor Inf Suka Prajaka dan dilanjutkan dengan pemaparan materi sosialisasi yang diberikan oleh kasi pengawasan dan penindakan Kantor Imigrasi Denpasar Bapak Amar Buchdiansyah.

Kasdim 1626/Bangli dalam sambutan pembuka mengingatkan, agar materi sosialisasi benar benar teresap dalam benak semua prajurit TNI sebagai bekal dalam pengabdian di tempat tugas masing-masing mengingat materi ini sangat penting untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan keimigrasian.

Sementara, kasi pengawasan dan penindakan Kantor Imigrasi Denpasar bapak Amar Buchdiansyah. Kantor Imigrasi Denpasar, dalam pemaparannya menjelaskan, pengertian imigrasi, dasar hukum dan upaya penangkalan dan pencegahan. Dari sisi pengertian menjelaskan, imigrasi adalah hal ihwal lalu lintas orang masuk dan keluar wilayah RI dalam rangka tebalnya kedaulatan Negara, berdasarkan UU Nomor 6/2011 tentang Keimigrasian.

Dalam rangka mobilitas orang masuk keluar wilayah Indonesia/Bali khususnya banyak ditenggarai dengan berbagai muatan kepentingan. Ada kegiatan pemerintah, sosial budaya, wisata dan agama.

Tapi perlu diwaspadai jangan sampai ada kepentingan lain yang diduga berbahaya seperti ilegal loging, ilegal fishing, terorisme, koruptor dan pelarian, pencurian suaka dan lain-lain sesuai kepentingan masing-masing, yang diduga akan ada banyak susupan dalam berbagai kepentingan.

Menurutnya, pihak keimigrasian pada dasarnya menerapkan sistem selective policy artinya hanya orang asing yang bermanfaat bagi negara yang boleh masuk ke Indonesia. Dari sisi pengawasan, ada dua bentuk pengawasan yakni pengawasan administratif dan pengawasan Lapangan.

Berbicara tentang pengawasan, sangat dianjurkan bagi orang luar negeri untuk ijin masuk dalam bentuk visa.Lanjutnya, dengan adanya tim pengawasan tetap diadakan kerjasama dari berbagai pihak seperti keterlibatan TNI untuk ikut bersama mengawasi orang asing di tempat tugas masing-masing.

“Kami harap TNI juga ikut mengawasi bersama kami dilapangan, saling kerjasama dan bagi informasi,” TNI juga terlibat dalam pengawasan orang asing. Karena pertimbangan wilayah NKRI sangat luas, tidak diimbangi dengan jumlah tenaga pengawasan orang asing. Mari kita amankan Indonesia khususnya Bali dari gangguan orang asing. Menegakan kedaulatan RI lewat mengamankan lalu lintas orang yang masuk di wilayah Indonesia khususnya Bali.

Hadir dalam Sosisialisasi yaitu para Danramil jajaran Kodim 1626/Bangli, Para Pasi Kodim, dan anggota Kodim 1626/Bangli. (Kodim 1626/Bangli)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar