Senin, 18 September 2017

Peringati HUT TNI ke-72 Pangdam XIII/Merdeka Hadiri Baksos TNI-POLRI di Perbatasan RI-RDTL

Pendam IX/Udayana
Senin, 18 September 2017

Panglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka, Sulawesi Utara, Mayjen TNI Ganip Warsito hadiri kegiatan bakti sosial yang berlangsung di kompleks SMKN 2 Perbatasan Silawan, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Timor Barat perbatasan RI-Timor Leste, Sabtu (16/9/2017).

Tiba di lokasi baksos, Pangdam XIII/Mdk Mayjen TNI Ganip Warsito didampingi Kasrem 161/Ws Kolonel Inf Irnando Arnol B Sinaga, Asintel DAM XIII/Mdk Kolonel INF Eko Prayitno, Asops DAM XIII/Mdk Kolonel INF M Sugsaharto disambut secara adat Belu oleh para pelajar di Silawan.

Kegiatan baksos pengobatan, pemeriksaan kesehatan dan sunatan massal secara gratis dalam rangka HUT TNI ke-72 yang mengangkat tajuk ‘Sinergitas TNI-POLRI bersama Pemerintah Daerah Belu peduli tapal batas di perbatasan RI-RDTL.

Dandim 1605/Belu, Letkol CZI Nurdihin Adi Nugroho dalam sambutannya mengatakan, kegiatan baksos yang diselenggarakan kali ini merupakan baksos yang istimewa karena kegiatan baksos ini dalam rangka memperingati HUT TNI yang ke-72.“Baksos hari ini sangat spesial karena dihadiri langsung oleh salah satu pimpinan TNI AD yakni Panglima Kodam XIII/Merdeka,” Ujarnya.

Kegiatan baksos yang dilaksanakan oleh Satgas Pamtas Yonif Raider 712/WT selama bertugas di perbatasan dilaksanakan 2 kali dalam sebulan untuk kesejahteraan masyarakat khususnya di bidang kesehatan dengan melibatkan seluruh instansi terkait dalam hal ini TNI satuan Kodim, Polri, Pemda, Bulog dan juga PT Wings.

“Ada dua kegiatan baksos yang dilaksanakan dalam bulan ini, yakni baksos hari ini dan baksos yang akan dilaksanakan pada 27 September mendatang di Kecamatan Lasiolat yang serupa,” sebut Nurdihin. Lanjut dia, kegiatan baksos hari ini merupakan puncak acara, dimana sebelumnya telah dilakukan pelayanan kesehatan dor to dor ke rumah warga oleh prajurit. Baksos ini sangat bermanfaat bagi kebutuhan khususnya di bidang kesehatan. “Semoga baksos ini dapat memberikan sedikit atau secercah harapan bagi warga di tapal batas,” pungkas Nurdihin.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan seragam sekolah dan alat tulis secara simbolis oleh panglima Kodam XIII/Merdeka, Mayjen TNI Ganip Warsito kepada lima perwakilan pelajar SD, SMP dan SMKN Silawan. Selanjutnya peninjauan pasar murah, pelayanan kesehatan dan sunatan masal. kurang lebih 500 warga Silawan hadir dalam kegiatan tersebut. Selain memeriksa kesehatan, warga juga menyerbu stand Bulog yang menyediakan beras per kilo Rp 9.000, gula pasir Rp 12.000 dan bawang merah Rp 25.000.

Kesempatan itu, prajurit TNI, Polres Belu dan Brimob mempersembahkan yel-yel kekompakan dan sinergitas prajurit di tapal batas Belu-Timor Leste dilanjutkan dengan pose bersama Pangdam XIII/Mdk serta pejabat TNI-POLRI. Turut hadir dalam giat tersebut, Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 712/Wiratama, Wakapolres Belu, Dantim Bais KP 17 Belu, Danki Brimob Sub Den 2 Pelopor, Kapolsek Tastim, Perwira TNI-POLRI, Anggota DPRD Kabupaten Belu Manuel, Camat Tastim, Kepala Desa Silawan, tokoh agama, Kepsek SMKN Silawan serta para prajurit, Satgas, Kodim Belu, Polres dan Brimob. Untuk diketahui dari kegiatan baksos, Pangdam XIII/Mdk bersama rombongan langsung menuju ke bandara Haliwen kembali ke Makodam di Manado.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar