Selasa, 24 Oktober 2017

Gunung Agung Masih Berstatus Awas, Dandim Karangasem Sosialisasikan Hal Ini...



Pendam IX/Udayana
Selasa, 24 Oktober 2017

Dandim Karangasem Sosialisasikan Erupsi Gunung Agung Dan Wilayah Yang Terdampak Korban Bencana di Balai Banjar Dusun Tegenan, Desa Menange, Kec. Rendan Kab. Karangasem, Senin (23/10).

Amlapura, Di dampingi Kepala PVMBG yang diwakili oleh bapak Imam Santosa, dan Kasubdit peringatan dini BNPB Bambang Surya di Balai Banjar Dusun Tegenan, Desa Menange, Dandim 1623/Karangasem selaku Dansatgas penanggulangan darurat bencana Gunung Agung Letkol Inf Fierman Sjafirial Agustus, menggelar sosialisasi tentang Erupsi Gunung Agung dan Wilayah yang terdampak KRB (Kawasan Rawan Bencana).

Naiknya status Gunung Agung dari level III (siaga) menjadi level IV (awas) membuat masyarakat Bali harus waspada, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengharuskan semua warga yang berada di Kawasan Rawan Bencana (KRB) II hingga III untuk mengungsi ke daerah yang sudah disiapkan. Sampai saat ini jumlah titik pengungsian yang tersebar di beberapa Kabupaten mencapai ratusan.

Dalam kegiatan sosialisasi Dansatgas penanggulangan darurat bencana Gunung Agung Letkol Inf Fierman Sjafirial Agustus, menyampaikan tujuan dari sosialisasi ini agar Masyarakat memahami dan bisa menyadari karena, saat ini masih banyak Warga yang terlihat melakukan aktifitas di posisi KRB, hal ini menandakan bahwa Masyarkat belum memahami betul apa yang dimaksud dengan Wilayah KRB, dan Masyarakat yang berada di KRB belum mengetehaui betul bahaya apa yang akan di alami bila terjadi erupsi, dan perlu di ketahui oleh seluruh Masyarakat bahwa Aktifitas Gunung Agung di teliti oleh ilmuwan dari seluruh indonesia bahkan ada dari amerika itu artinya dunia sangat peduli terhadap gunung agung dan masyarakatnya, maka dari itu kami himbau kepada seluruh Masyarakat agar tidak melakukan aktifitas di wilayah KRB.

Dilanjutkan Penyampaian dari PVMBG Bapak Iman Santosa Dampak gunung api bagi kehidupan Daerah sekitarnya akan menjadi subur, Menghasilkan belerang batu pasir potensi panas bumi dan banyak lagi sisi positif yang dihasilkan oleh Gunung api, saat ini jumlah gempa sudah mengalami penurunan, namun kita tidak terburu buru untuk menurunkan status aktivitas Gunung tersebut, dan kita akan mengadakan evaluasi dalam Satu minggu kedepan, dan di hinbau kepada seluruh Masyarakat agar jangan terlalu yakin atau percaya terhadap berita-berita yang kurang jelas baik isu di masyrakat maupun yg beredar di media sosial. (Kodim 1623/Karangasem)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar