Sabtu, 14 Oktober 2017

Satgas TMMD Membuat Pupuk Organik Cair




Pendam IX/Udayana
Sabtu, 14 Oktober 2017

Satgas TMMD membuat pupuk organik cair di Desa Pangkung Paruk Kec. Seririt Kab. Buleleng, Jumat (13/10).

Pupuk organik cair selain dapat memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah, juga membantu meningkatkan produksi tanaman, mengurangi penggunaan pupuk organik dan sebagai alternatif pengganti pupuk kandang.

Pupuk organik cair juga sebagai pelengkap jika anda menggunakan pupuk organik padat. Karena pupuk organik cair inilah yang akan melengkapi unsur mikro bagi pertumbuhan tanaman, terutama menjelang tanaman panen/berbuah. Dan sebagai catatan pupuk organik cair ini sebagai pelengkap saja, guna mengoptimalkan hasil ketika dikombinasikan dengan pupuk organik padat.

Kita ketahui bersama bahwa di lokasi TMMD yang ke-100 telah dilaksanakan pelatihan pembuatan ramuan Organik Hama atau disebut dengan Roma. Ada lagi Ramuan Organik Tanaman yang disebut Rotan dan ramuan Organik Ternak yang disebut Roter. Pemberi materi pelatihan oleh Pasi Terdim 1609/Buleleng, Kapten Inf Gede Oka.

Bahan bahan yang di pergunakan dalam pembuatan pupuk organik antara lain, pisang, yakul, tanaman sereh, pepaya, semangka, daun tembakau, air kelapa, kapu kapu, ikan gurami.

Pupuk organik cair sangat baik jika langsung disemprotkan pada batang, daun, bunga dan buah. Ini berbeda dengan pupuk organik padat yang ditaruh dalam tanah secara langsung. Pupuk organik cair juga sebagai alternatif dari mahalnya berbagai pupuk kimia. Tanaman sayuran yang menggunakan pupuk organik cair sangat sehat untuk dikonsumsi, berbeda dengan penggunaan pupuk kimia. (Kodim 1609/Buleleng)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar