Sabtu, 18 November 2017

Serka Sarka Bantu Warga Mengolahan Tanah Menggunakan Kerbau



Pendam IX/Udayana
Sabtu, 18 Nopember 2017

Babinsa Brombong Membantu masyarakat mengolahan Tanah Secara Tradisional di Desa Brombong, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng, Jumat (17/11).

Tanah sebagai media tanam harus mendapatkan perhatian khusus sebelum memulai bercocok tanam, adapun tahapan yang harus ditempuh dalam memulai bertani adalah pengolahan tanah. Pengolahan tanah yang baik akan menghasilkan pertumbuhan tanaman yang baik pula selain faktor bibit, pemeliaharan, serta hama. Pengolahan tanah pada dasarnya adalah memperbaiki susunan tanah sehingga bibit maupun tanaman dapat tumbuh dengan baik.

Inilah yang dilakukan oleh Babinsa Brombong Serka Sarka Koramil 1609-08/Gerokgak. Membantu masyarakat mengolah kebun secara tradisional, yang akan ditanami jagung bisi 18 di tanah milik Bapak Ketut Suarta dengan luas 90 Are.

Secara garis besar, beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pengolahan tanah yaitu tingkat kelembaban tanah, kegemburan tanah dan ketersediaan unsur hara dalam tanah. Beberapa alat yang sering digunakan untuk pengolahan tanah kering antara lain linggis, cangkul, baja, cangkul garpu, sekop, sabit, serta perlengkapan lainnya. (Kodim 1609/Buleleng)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar