Jumat, 16 Februari 2018

Panen Perdana Bawang Putih, Dandim Lotim Buat Percontohan


Pendam IX/Udayana
Jumat, 16 Pebruari 2018

Hampir seluruh daerah mengalami musim hujan dengan tingkat curah hujan diatas rata-rata. Termasuk wilayah Kecamatan Sembalu Kabupaten Lombok Timur yang terletak diatas ketinggian dengan suhu dingin tidak terlepas dari hujan.

Pada musim kali ini, Dandim 1615/Lotim Agus Setiandar, S.IP., bersama Kadistan Kabupaten Lotim, Camat Sembalun, Kepala BPP Sembalun, empat orang Kepala Desa Kecamatan Sembalun, PPL Gapoktan dan tokoh masyarakat Sembalu beserta anggota Koramil 1615-10/Sembalun melaksanakan panen perdana Bawang putih diatas lahan percobaan seluas 50 are milik H. Akbar Desa Sembalun Lombok Timur, Kamis (15/2).

Mengawali sambutannya, Agus mengucapkan rasa syukur atas terselenggaranya panen perdana bawang putih.

"Alhamdulillah hari ini kita bisa melaksanakan panen perdana bawang putih di awal tahun 2018", kata Agus.

Agus melanjutkan, walaupun musim hujan yang terus menerus kita masih bisa bersama-sama panen bawang putih, hal ini menunjukan bahwa kita memang bisa menanam bawang putih tidak hanya pada waktu-waktu yang telah ditentukan.

Kedepan lanjutnya, kita bersama-sama mencoba untuk tetap menanam bawang putih tanpa melihat musim tanam bawang putih dengan harapan ditahun 2019 nanti, kita bisa swasembada bawang putih", jelasnya.

"Semoga apa yang kita kerjakan ini membuahkan hasil yang maksimal dengan terus berupaya untuk mensukseskan swasembada pangan khususnya bawang putih di Sembalun ini ditahun 2019", tutupnya.

Sementara itu, Kadistan Kabupaten Lotim Ir. Zaini mengucapakan banyak terjadi kepada Dandim Lotim yang sudah melaksanakan demplot sebagai percontohan masa tanam di luar musim bawang putih.

Zaini melanjutkan, pemerintahn pusat melalui Menteri Pertanian (Mentan) RI meminta pemerintah NTB untuk menyiapkan sepuluh ribu hektar lahan tempat penanaman bawang putih dan khusus untuk di Lombok Timur akan kita siapkan.

"Mari kita ikuti himbauan dari pemerintah untuk berswasembada bawang putih dengan memilih bibit yang paling bagus dengan mutu terbaik sehingga hasilnya juga baik", pungkasnya. (Kodim 1615/Lotim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar