Kamis, 24 Mei 2018

Hormati Jasa Para Pahlawan, Pangdam Pimpin Ziarah Rombongan




Pendam IX/Udayana
Kamis, 24 Mei 2018

Bangsa yang besar adalah bangsa yang senantiasa menghormati jasa-jasa para Pahlawannya, demikian halnya dengan Kodam IX/Udayana dibawah pimpinan Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P, pada Kamis (24/5) mengajak anggota Kodam IX/Udayana melaksanakan Ziarah Rombongan di Taman Makam Pahlawan Pancaka Tirta Tabanan.

Ziarah Rombongan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam memperingati hari Ulang Tahun ke 61 Kodam IX/Udayana, diikuti oleh Para Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil Kodam IX/Udayana Garnizun Denpasar serta Ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana PD IX/Udayana dengan tujuan untuk memberikan penghormatan dan penghargaan, mendoakan serta mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dengan gagah berani dan pantang menyerah mengorbankan jiwa raganya dalam perjuangan merebut, membela dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Disamping itu Ziarah ke Taman Makam Pahlawan ini juga bertujuan untuk menguatkan jati diri prajurit sebagai generasi penerus agar senantiasa dapat mentoladani dan mewarisi semangat juang para pendahulu dengan mengaplikasikan nilai-nilai kejuangan yang telah ditanamkan. serta sekaligus memohon restu untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan untuk mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai pembangunan yang bermanfaat dan berpihak kepada rakyat.

Pada kesempatan tersebut Panglima Kodam IX/Udayana sebagai pimpinan rombongan mengawali kegiatan dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga di Candi Induk Makam Pahlawan Pancaka Tirta serta dilanjutkan dengan tabur bunga di seluruh pusara para pahlawan diikuti oleh seluruh peserta Ziarah yang terdiri dari kelompok Pejabat Teras Kodam IX/Udayana, kelompok Perwira Menengah, kelompok Perwira Pertama, kelompok Bintara Tamtama, kelompok Pegawai Negeri Sipil dan kelompok Ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana secara tertib menaburkan bunga diatas seluruh pusara para pahlawan.

Turut hadir Irdam IX/Udayana, Kolonel Czi Lalu Rudy Irham Srigede, Danrem 163/WSA, Danrindam IX/Udayana, para Asisten, Para Perwira Ahli, LO-AL, LO-AU, Para Kabalakdam IX/Udayana, Ketua Persit Kartika Chandra Kira PD IX/Udayana dan pengurus serta perwakilan anggota.

Pada malam sebelumnya Rabu (23/5) juga dilaksanakan kegiatan penjamasan Pataka Kodam IX/Udayana di Pura Bukit Dharma Durga Kutri, Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, dipimpin oleh Pangdam IX/Udayana dihadiri oleh Para pejabat teras Kodam IX/Udayana, Para Dandim se Bali, Asisten I Pemkab Gianyar, Perwakilan DPRD Gianyar, Tokoh Puri Blahbatuh, Polres Gianyar, Muspika Blahbatuh, Kepala Desa Blahbatuh, Bendesa Adat Blahbatuh serta anggota Kodam IX/Udayana dan masyarakat Desa Blahbatuh.

Penjamasan Pataka ini bertujuan untuk mensucikan Pataka Kodam IX/Udayana (Praja Raksaka) menjelang pelaksanaan peringatan Hari Ulang Tahun ke 61 Kodam IX/Udayana yang tepatnya jatuh pada tangga 27 Mei 2018, dan selakigus memohon ijin kepada yang dimuliakan Raja Udayana, karena nama beliau digunakan sebagai panji kebesaran nama Kodam IX/Udayana serta memohon restu dan bimbingannya agar Kodam IX/Udayana senantiasa dapat mengemban tugas dengan baik.  (Pendam IX/Udayana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar