Jumat, 18 Mei 2018

Kasdim 1609/Buleleng Laksanakan Kegiatan Penanaman Padi



Pendam IX/Udayana
Jumat, 18 Mei 2018

Demplot (Demontration Plot) pertanian Kodim 1609/Buleleng tahun 2018 dibuat di lahan pertanian milik Bapak Wayan Sudira, bertempat dusun Tegal Desa Sangsit Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Jumat   (18/5/2018).

Demplot mengambil tema “Melalui Pembinaan Ketahanan Pangan Prajurit TNI AD Siap Mendukung Pemerintah Daerah Mewujudkan Ketahanan Pangan Sebagai Pilar Perekonomian Bangsa Dengan Memanfaatkan Sumber Daya Alam yang Ada di Wilayah”.

Kegiatan ini dihadiri Kasdim 1609/Buleleng Mayor Kav Nyoman Arya Jayantara, Pasi Teritorial Kodim 1609/Buleleng,Kapten Inf Gede Oka, Danramil 1609-09/Sawan, Kapten Cba Ari Pamungkas dan jajaran Babinsa.

Kasdim 1609/Buleleng, mengatakan, mekanisme program Kodim dengan Kementerian Pertanian setiap tahun untuk menanam padi memakai alat-alat pertanian dengan cara memberi contoh pada petani agar petani menanam padi memakai alat tanam transplanter,” kata Kasdim.

Program tersebut merupakan program Kodim 1609/Buleleng, yang merupakan Program Percontohan untuk jajaran kodim 1609/Buleleng dengan luas 1 Hektar.

Hasil panen padi yang ditanam oleh anggota TNI dan  Poktan tujuannya akan dijadikan beras. Beras tersebut nantinya akan disimpan di Bulog untuk cadangan pangan. Karena untuk membantu Pemerintah Daerah kalau ada bencana,” ujar Kasdim.

Di lokasi yang sama Ketua Kelompok Tani (Poktan) Kelian Subak Beji mengatakan, menanam padi yang menggunakan mesin tanam transplanter seluas 1 hektar. Salah satu jenis padi yang ditanam varietas padi ciherang. (Kodim 1609/Buleleng)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar