Rabu, 16 Mei 2018

Kelian Subak Lepang : Dorongan dan Pendampingan Dari TNI Membuat Kami Semangat Bekerja



Pendam IX/Udayana
Rabu, 16 Mei 2018

Program khusus ketahanan pangan diutamakan pada tanaman padi, jagung dan kedelai (Pajale) sesuai apa yang telah dicanangkan oleh pemerintah melalui Kementerian Pertanian RI.

Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan tersebut, Kodim 1610/Klungkung melaksanakan Luas Tambah Tanam (LTT) di Subak Lepang,  Banjarangkan Klungkung, Rabu (16/05) dimana Dandim bersama anggota dan Petani Subak setempat melaksanakan tanam padi jenis Ciherang.

Program Ketahanan Pangan Kodim 1610/Klungkung pada Tahun 2018 ini seluas 1 Hektar tanaman padi, dilaksanakan di Subak wilayah Banjarangkan.

Babinsa Desa Takmung bekerja sama dengan petani mengelola 40 Are tanah milik warga I Nyoman Mudita, sebagai upaya meningkatkan luas tanam.

Ini sebagai bagian dari peran Babinsa dan PPL untuk selalu memberi contoh dengan harapan keberhasilan program ini bisa tercapai.

Sistem pengolahan lahan dimulai dari pengolahan tanah kemudian penyemaian bibit dan selanjutnya penanaman yang dilaksanakan hari ini bersama para petani dengan pola tanam Jajar Legowo 2-1, jarak tanam 20 cm x 10 cm x 40 cm.

Tanaman padi ini sekaligus sebagai tanaman percontohan dengan sistem pemupukan dan pengendalian hama yang tepat sesuai anjuran dari Dinas Pertanian.

Selain Dandim 1610/Klungkung, hadir juga dalam kesempatan tanam bersama tersebut Danramil 1610-02/Banjarangkan, Kepala UPT Pertanian Kecamatan Banjarangkan Ketut Mana, Koordinator Penyuluhan Pertanian Kecamatan Banjarangkan Nyoman Griya, Anggota Kodim 1610/Klungkung,  Aparat Desa Takmung , PPL se- Kecamatan Banjarangkan, Kelian Subak Lepang Gusti Ngurah Antara serta Petani Subak Lepang

Dandim 1610/Klungkung Letkol Kav Jacob Janes Patty dalam sambutanya mengatakan melalui pembinaan ketahanan pangan prajurit  TNI AD siap mendukung pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional sebagai pilar perekonomian bangsa dengan memanfaatkan sumber daya alam (SDA) yang ada di wilayah.

"Semoga dengan kegiatan tanam bersama ini menjadi motivasi bagi masyarakat untuk selalu menanam pagi sebagai sumber utama pangan", harap Dandim.

Kelian Subak Lepang I Gusti Ngurah Antara mengucapkan terima kasih kepada Kodim 1610/Klungkung yang telah memberikan motivasi dan contoh sehinga para petani khususnya di Lepang bersemangat ke sawah.

"Dorongan dan pendampingan dari TNI sungguh membuat kami semangat bekerja di sawah", ungkapnya seraya berharap program ini berjalan baik dan menghasilkan panen yang menggembirakan. (Kodim 1610/Klungkung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar