Kamis, 20 September 2018

Tingkatkan Kapasitas Linmas, TNI Berikan Wasbang di Borong


Pendam IX/Udayana
Kamis, 20 September 2018

Rabu (19/09) bertempat di Aula Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur dilaksanakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Linmas Tingkat Kecamatan Tahun 2018. Kegiatan dibuka oleh Camat Borong Gaspar Nanggar, S.St., hadir dalam kegiatan Danramil 1612-04/Borong Lettu Inf Zainuddin, Kanit Binmas Polsek Borong, staf Kesbangpol dan Satpol PP Manggarai Timur serta 51 peserta Linmas dari 13 desa.

Camat Borong menyampaikan kegiatan ini bukan sekedar seremonial, ini konsep agar semua Desa mempunyai pengetahuan yang sama, sekarang proses pembentukan kapasitas Linmas yang kuat dan karakter bangsa, pelatihan ini jangan hanya memenuhi syarat tapi harus benar sesuai apa yang dilatihkan. Linmas punya tanggung jawab tentang pengawasan pembangunan desa dan menjaga ketertiban masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Danramil  04/Borong Kodim 1612/Manggarai Lettu Inf Zainuddin  menjelasakan, tentang Pancasila dan Ke-Bhinneka Tunggal Ika-an serta tiga unsur pokok Wasbang yaitu Rasa Kebangsaan, Paham Kebangsaan, dan Semangat Kebangsaan.

Dalam penjelasannya lebih lanjut Danramil menyampaikan Rasa kebangsaan  adalah dorongan emosional untuk selalu bersatu dan bersama, senasib dan sepenanggungan dalam mencapai tujuan nasional.

Paham Kebangsaan adalah jatidiri bangsa Indonesia sebagai bangsa yang memiliki latar belakang keberagaman suku, budaya, dan lain-lain dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika, berbeda tetapi tetap satu dalam mencapai tujuan nasional, bersatu kita teguh bercerai kita runtuh, mengokohkan persatuan dan kesatuan dalam mencapai cita-cita bangsa Indonesia Masyarakat yang adil dan makmur. (Kodim 1612/Manggarai)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar