Selasa, 02 Oktober 2018

Bupati Manggarai Apresiasi Penghijauan Yang Dilaksanakan Kodim 1612/Manggarai


Pendam IX/Udayana
Selasa, 2 Oktober 2018

Bertempat di Lehong, Komplek Kantor Daerah Kabupaten Manggarai Timur, Desa Gurung Liwut, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur berlangsung kegiatan penghijauan dalam rangka Hari Ulang Tahun TNI KE-73 Tahun 2018. Kegiatan penghijauan penanaman pohon trembesi ini dipimpin oleh Dandim 1612/Manggarai Letkol Inf Rudy M. Simangunsong, S.Sos, Senin(1/10).

Sebelum melaksanakan penanaman pohon trembesi, Dandim 1612/Manggarai menyerahkan anakan pohon trembesi secara simbolis kepada Pemda Manggarai Timur yang diterima langsung oleh Bupati Manggarai Timur Agas Andreas, S.H, M. Hum. di aula Setda Kabupaten Manggarai Timur. 

Tutut hadir dalam kegiatan penghijauan Kadis Lingkungan Hidup Kab. Manggarai Timur, Asisten II Kabupaten Manggarai Timur Hendrik Ganggur, Plt. Kepala Bappeda Manggarai Timur Jhon Sukur, Kabid Tata Lingkungan Hidup Manggarai Timur Dion Rahno M., Danramil 1612-04/Borong Lettu Inf Zainuddin, Dan Unit Inteldim 1612/Manggarai Lettu Inf Falentinus Lanar.

Dalam sambutanya Komandan Kodim 1612/Manggarai Letkol Inf Rudy M. Simangunsong, S.Sos, mengatakan bahwa program kegiatan penghijauan oleh satuan Kodim 1612/Manggarai adalah untuk mengoptimalkan kegiatan pembinaan teritorial agar satuan jajaran TNI AD dapat lebih mengenal kondisi lingkungan dan menjalin hubungan positif secara intensif dengan masyarakat di sekitarnya.

Sasaran yang ingin dicapai diantaranya adalah membantu program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan kehidupan masyarakat, serta sebagai wujud kesetiaan TNI kepada Rakyat dan untuk mengatasi kesuliatan masyarakat di wilayah. Terlaksananya kampanye tentang Indonesia hijau berseri (bersih, sehat, rapi dan Indah)

Kegiatan penghijauan dan penanaman pohon seperti yang dilaksanakan sekarang ini dilandasi dengan kesadaran untuk melakukan rehabilitasi hutan, lahan serta perbaikan lingkungan.

"Untuk itu saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah membantu dalam pelaksanaan kegiatan ini", terangnya.

Menanam pohon merupakan kewajiban kita, agar anak cucu kita bisa menikmati udara yang segar. Kegiatan ini saya substansi, karena setelah kita tanam pohon ini, harus kita jaga dan rawat sehingga pohon-pohon ini bisa menjadi manfaat natinya.

Sekarang banyak di wilayah Indonesia terjadi bencana seperti gempa bumi di Lombok, dan yang paling baru gempa bumi disertai tsunami di Palu, untuk itu kita harus ramah terhadap lingkungan.

"Jangan merusak lingkungan. Kegiatan seperti ini salah satu wujud kepedulian kita terhadap lingkungan agar lingkungan menjadi ramah dan tentunya semakin banyak pepohonan, akan dapat mencegah bencana, terutama bencana tanah longsor dan banjir", pinta Dandim.

Kegiatan penghijauan/penanaman pohon trembesi di komplek Kantor Bupati Manggarai Timur sengaja dipilih karena lokasi tersebut merupakan lokasi pusat pemerintahan Kabupaten Manggarai Timur yang baru dibangun. (Kodim 1612/Manggarai)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar