Sabtu, 15 Desember 2018

Pangdam IX/Udayana : "Bakti Sosial dan Karya Bhakti Wujud Kebersamaan TNI dengan Rakyat"


Pendam IX/Udayana
Sabtu, 15 Desember 2018

Peringatan puncak Hari Juang Kartika ke 73 Tahun 2018 akan dilaksanakan tanggal 15 Desember besok disambut dengan berbagai kegiatan sosial, salah satunya bakti sosial yang dibuka langsung Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri di Lapangan Komuter Telu Center (KTC) Kantor Bupati Sumbawa Barat (KSB), Jumat (14/12).

Acara Baksos dalam rangka memeriahkan Hari Juang Kartika tersebut diikuti sekitar 3000 orang tersebut dengan berbagai macam kegiatan diantaranya pengobatan massal dan kegiatan tambahan.

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.IP., dalam sambutannya yang dibacakan Kasdam IX/Udayana menyampaikan pada Bakti Sosial kali ini akan dilaksanakan beberapa kegiatan yaitu donor darah, pengobatan umum, pemeriksaan gigi, mata dan pembagian kaca mata baca, kitanan massal, pelayanan KB Kes, operasi bibir sumbing, katarak dan bedah minor serta pembagian kaki palsu, kursi roda dan pembagian sembako. Selain itu, dilaksanakan juga kegiatan Karya Bakti berupa bedah rumah Tidak Layak Huni (RTLH) bagi Veteran Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia, penghijauan, anjangsana ke Warakawuri dan bazar. 

"Perlu saya sampaikan bahwa kegiatan Bakti Sosial dan Karya Bakti yang kita laksanakan ini merupakan wujud kemanunggalan TNI dengan Rakyat bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Provinsi NTB dan Kabupaten Sumbawa Barat serta Yayasan Smile Train yang membantu untuk turut meringankan beban masyarakat sesuai dengan tema Hari Juang Kartika Tahun 2018 yaitu “TNI Angkatan Darat Mengabdi dan Membangun Bersama Rakyat,” ungkap Pangdam IX/Udayana.

Selain kegiatan sambung Pangdam, juga akan dilaksanakan penyuluhan - penyuluhan seperti penyuluhan Narkoba, penyuluhan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), penyuluhan Stunting, penyuluhan Parenting Paud, penyuluhan CA Cervix dan penyuluhan pelayanan IVA Test.

Mengakhiri sambutannya, Jenderal Bintang Dua tersebut mengucapkan selamat Hari Lahir Provinsi Nusa Tenggara Barat Ke-60 tanggal 17 Desember 2018 dan Kabupaten Sumbawa Barat Ke-15 tanggal 20 Nopember 2018, semoga kedepan lebih maju, berkembang pesat dalam semua aspek dan lebih berkhidmat, amanah, religius dan berdaya saing untuk mewujudkan NTB Gemilang.

Sementara Bupati Sumbawa  Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM., dalam sambutannya mengucapkan terimakasih Kepada TNI Polri yang sudah luar biasa bersama-sama membantu masyarakat Sumbawa Barat dalam setiap event terutama saat bencana gempa yang melanda NTB khususnya KSB. 

"Terpilihnya daerah KSB sebagai tempat penyelengaraan Baksos dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika tingkat Kodam IX/Udayana merupakan suatu kehormatan bagi kami masyarakat Sumbawa Barat, dengan demikian akan dapat menambah kedekatan antara masyarakat dengan TNI," pungkasnya. 

Kegiatan baksos tersebut sebanyak 1450 paket sembako dibagikan kepada masyarakat, semen sebanyak 3000 sak, 2933 peserta pengobatan massal, penanaman pohon sebanyak 281.250 pohon diseluruh kodim jajaran Korem 162/WB, bedah Rumah/RTLH sebanyak 20 unit rumah tersebar di wilayah Korem 162/WB berkerjasama dengan Dinas PUPR NTB dan Pembangunan Kembali sekolah SDN 5 Labuhan Lombok Kabupaten Lombok Timur sebanyak 6 Kelas, berkerjasama dengan PT. IPPS dengan anggaran sebanyak Rp.450.000.000,-.

Acara Baksos tersebut dihadiri Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., Aster Kasdam IX/Udayanan, Staf ahli Pangdam IX/Udayana, Kabalakdam IX/Udayana, para Kasi dan Dandim se jajaran Korem, Dan/Ka Satdisjan, Dirut PT. AMNT, Kapolres Sumbawa Barat, para SKPD dan Camat se KSB, tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat KSB.

Usai membuka kegiatan bakti sosial, Kasdam IX/Udayana bersama rombongan melaksanakan penanaman pohon secara simbolis di KTC Kantor Bupati KSB dan Anjangsana Danrem 162/WB ke Kampung sampir didampingi Kasrem, Dandim 1607/Sumbawa dan Dandim 1628/Sumbawa Barat, Pasi bahkti dan Danramil. (Penrem 162/WB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar