Minggu, 23 Desember 2018

Wujud TNI AD Dalam Memajukan Gerakan Pramuka Guna Membina Generasi Muda


Pendam IX/Udayana
Minggu, 23 Desember 2018

Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Hasan Abdullah Msi.(Han) M.P.M membuka upacara Persami Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 1619/Tabanan TA. 2018 di halaman tengah TPB Margarana, Banjar Kelaci Desa Marga Dauh Puri, Kecamatan Marga, Sabtu (22/12).

Pembukaan Persami Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 1619/Tabanan TA. 2018, Selaku Pembina Upacara Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Hasan Abdullah Msi.(Han ) M.P.M mengatakan Kita selaku insan yang beriman dan Bertaqwa kita senantiasa memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa.

Dandim juga mengucapkan selamat datang di TPB Margarana yang sekaligus dapat bertatap muka dengan segenap anggota Pramuka Putra dan Putri Saka Wira Kartika Kodim 1619/Tabanan. Sejalan dengan telah dicanangkan gerakan Pramuka oleh Presiden RI sebagai salah satu subtansi dari sumpah pemuda yang ingin kita wujudkan melalui kerjasama pembina Kepramukaan.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas generasi muda dalam menghadapi tantangan dan bahkan ancaman terhadap eksistensi sebagai genetasi penerus bangsa. Dengan dasar itu TNI AD bekerjasama dengan kwatir Nasional gerakan Pramuka dan berusaha membina dan mengembangkan pendidikan bela negara dan kepramukaan dengan ke ikut sertaan TNI AD dalam memajukan gerakan pramuka di Indonesia sebagai salah satu wadah pembinaan generasi Muda yang berbasis Nasionalisme cinta tanah air dan Patriotisme atau semangat pantang menyerah serta berkorban demi bangsa dan Negara.

"Dalam melaksanakan tugas pembinaan perlawanan wilayah dilakukan dengan cara menyiapkan komponen cadangan di antaranya melalui kegiatan kepramukaan dalam wadah saka wira kartika sebagai potensi pertahanan kewilayahan dalam rangka membina aspek Geografi, Demografi dan Kondisi sosial menjadi ruang alat dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan kesejateraan masyarakat dan pertahanan Negara di Darat," ujar Dandim, Sabtu (22/12).

Lebih lanjut, Dandim menerangkan dalam pelaksanaan kegiatan Kepramukaan Saka Wira Kartika Nantinya diharapkan dapat mencapai sasaran yaitu memiliki keyakinan yang kuat terhadap Tuhan yang Maha Esa, berkembangnya pengetahuan pengalaman ketrampilan dan kecakapan yang dapat mendukung kehidupan pengabdian kepada masyarakat bangsa dan negara. Dan memiliki sikap kemandirian kepedulian penuh rasa tanggung jawab dan komitmen yang kuat terhadap masyarakat bangsa dan negara. 

"Serta memiliki sikap kemandirian kepedulian penuh tanggung jawab dan komitmen yang kuat terhadap masyarakat bangsa dan negara," lanjut Dandim.
     
Kegiatan ini dihadiri oleh Kasdim 1619/Tabanan Mayor Inf I Wyn Notes. S.Sos, seluruh Pembina Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 1619/Tabanan, pedamping Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 1619/Tabanan, anggota Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 1619/Tabanan Putra dan Putri dengan jumlah yang hadir 110 orang. Selesai upacara di lanjutkan dengan pengarahan Dan Dim di pendopo sebelah timur dan Foto bersama. (Kodim 1619/Tabanan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar