Jumat, 04 Januari 2019

Danrem 162/WB Buka Bimtek Fasilitator Percepat Pembangunan


Pendam IX/Udayana
Jumat, 4 Januari 2019

Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., membuka acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Fasilitator penanggulangan pasca gempa dan menyaksikan penandatanganan MOU antara Ka pelaksana BPBD NTB dengan Rektor Universitas Muhammadiyah Mataram Drs. H. Arsyad Abdul Gani, M.Pd., di Kampus Universitas Muhammadiyah Mataram, Kamis (3/1).

Bimtek yang akan dilaksanakan selama dua hari kedepan ini diikuti sekitar 800 Fasilitator yang sudah ada saat ini dan 300 orang Babinsa yang wilayah binaanya terkena dampak gempa. 

Danrem 162/WB dalam wawancaranya menyampaikan Kepala BPBD NTB melalui suratnya meminta anggota Korem sebagai Fasilitator. "Tidak diminta pun sebenarnya sudah action dari awal terjadinya tanggap darurat penanganan pasca gempa," ungkap Danrem. 

Dijelaskannya, mulai hari ini anggota Babinsa Pulau Lombok sudah di kerahkan sekitar 300 Orang Babinsa dan 200 Orang Babinsa dipulau Sumbawa untuk memback up, bersinergi dengan Fasilitator dalam perbaikan rumah rusak ringan dan sedang, "Fasilitator yang sudah ada akan bersinergi dengan Fasilitator dari Babinsa," sebutnya.

Untuk bulan pertama ini, lanjut orang nomor satu di jajaran Korem tersebut, ratusan rumah yang rusak baik rusak ringan dan sedang sudah bisa terbangun. Sedangkan untuk rumah rusak berat akan dibangun secara bertahap dan berjalan sehingga rumah yang sudah terbangun secara signifikan bisa dilaporkan.

"Diharapkan tanggal 26 Februari nanti hasilnya sudah menunjukan secara signifikan," ujarnya. 

Menurutnya, kegiatan Bimtek ini dilakukan dalam rangka melatih kemampuan para Babinsa Dan Fasilitator yang akan menadampingi melaksanakan pembinaan warga di Desa sebagai Fasilitator agar lebih profesional dalam melaksanakan tugas dilapangan sehingga tepat sasaran.

Selain itu, kata Kolonel Ahmad Rizal, pada pertengahan Januari 2019 ini, pihaknya akan menggelar operasi teritorial melanjutkan tugas Satgas rehab rekon yang akan berakhir. 

Danrem 162/WB berharap rekan-rekan media agar ikut membantu untuk sosialisasi agar masyarakat membangun dengan fasilitas dana stimulan dari pemerintah melalui Pokmas.

Sementara Kepala BPBD NTB H. Muhammad Rum, MT. menyampaikan pembangunan rumah ini berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2018 tentang rdhabilitasi NTB pasca gempa dimana Tupoksinya berada pada Kementerian PUPR dengan jumlah volume yang akan diperbaiki sebanyak 216 ribu rumah. 

"PUPR berdasarkan kewenangannya itu menyerahkan kepada Pemda NTB khusus untuk rumah rusak ringan dan sedang," paparnya. 

Oleh karena itu sambungnya, diadakan pelatihan untuk menambah jumlah Fasilitator yang sudah ada.

Diinformasikan, pelaksanaan yang sama juga akan di laksanakan di Pulau Sumbawa pada tanggal 6-7 Januari 2019 dengan jumlah peserta 400 orang terdiri dari 200 orang yang sudah lulus seleksi sebagai Fasilitator dan 200 orang Babinsa setempat. (penrem162wb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar