Minggu, 26 Mei 2019

Fulgem Yang Malang Telah Kembali Ceria Berkat Tim Kes Yonif Mekanis 741/GN


Pendam IX/Udayana
Minggu, 26 Mei 2019

TTU - Tanggap untuk segera mengobati dan memberi pertolongan pertama adalah tugas tanggung jawab tim kesehatan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/GN. Fulgem nama anak yang malang karena harus mendapat pengobatan yang cukup serius oleh Dokter Satgas beserta tim, pada Sabtu (25/5/2019).

Sekelompok anak yang berjumlah 7 orang datang Mengantar kawannya berobat akibat terjatuh dari tembok belakang Posyandu saat bermain. Dari cerita salah satu anak yang bernama Melky (10), bocah yang bernama Fulgem (9) hendak berdiri saat di atas tembok, tetapi malang malah terjatuh dan mengenai besi yang ada dibawah. Sehingga mengakibatkan luka sobek pada kepala dan patah pada pergelangan tangan kanan.

Setelah melihat kejadian itu, sekelompok anak tersebut membawa Fulgem ke Makosatgas dan bertemu Baminkes Serka I Putu Setya, Amd.Far., dan Pratu Lalu, Fulgem dengan cepat diberikan pertolongan dengan dihentikan pendarahannya. Dikarenakan kekurangan kasa dan henskul, Fulgem dibawa menggunakan motor oleh Serka Putu Setya dan Pratu Lalu ke Puskesmas Eban dan mendapatkan pertolongan langsung disana oleh Dokter Satgas Letda Ckm dr. Basri Nelson Manurung yang datang menyusul.

Dua hari berikutnya dokter beserta anggota kes mengecek kondisi si Fulgem kerumahnya dikarenakan dia tidak mau kontrol dan lebih memilih untuk di pijat. Sampai di rumah Fulgem dan bertemu dengan ibunya Maria Gurite Nomat (52), ternyata beliau mengalami hipertensi. Dokter segera memberikan terapi. Lalu dokter dan timkes memberi obat dan merawat luka si Fulgem.

Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/GN Mayor Inf Hendra Saputra, S.Sos., M.M, M.I.Pol mengatakan, bahwa kejadian Fulgem dikarenakan kurangnya pengawasan orang tua, seharusnya hal seperti ini tidak perlu terjadi. Beruntung kawan-kawannya berinisiatif dengan cepat membawa Fulgem ke Makosatgas yang kebetulan juga lokasi jatuhnya Fulgem tidak jauh yaitu dibelakang Mako.

"Tim Kes Satgas baik yang di Mako maupun di pos jajaran akan selalu siap untuk menerima masyarakat yang akan berobat dan membutuhkan pertolongan cepat. Sehingga jika ada kejadian seperti ini bisa dengan cepat diberikan tindakan medis,"tambah Dansatgas.

Saat ini kondisi Fulgem sudah membaik dan sudah dapat mulai sekolah lagi. Fulgem kecil kembali ceria. (Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar