Senin, 20 Mei 2019

Upsus Tingkatkan Produksi Pertanian, Babinsa Lembor Gandeng Warga Bersihkan Irigasi


Pendam IX/Udayana
Senin, 20 Mei 2019

Manggarai - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1612-06/Lembor bersama-sama dengan masyarakat melaksanakan gotong royong membersihkan saluran irigasi di areal Desa, Malawatar, Kecamatan Lembor,  Kabupaten Manggarai, Sabtu (18/05/2019).

Bati Tuud Koramil 1612-06/Lembor, Serma Hendrikus Suryani, mengatakan pembersihan saluran irigasi ini merupakan salah satu upaya khusus (Upsus) untuk meningkatkan produksi pertanian dalam menunjang program ketahanan pangan di Kabupaten Manggarai Barat.

"Mudah-mudahan air mengairi areal sawah dengan baik, karena irigasi pertanian sudah dibersihkan secara bersama-sama dan tidak ada lagi gangguan irigasi dalam pemenuhan kebutuhan air sawah para petani," katanya.

Pembersihan saluran irigasi ini juga merupakan salah satu wujud kemanunggalan TNI bersama rakyat sekaligus upaya khusus dalam bidang pertanian.

Saluran irigasi sebagai penyedia bahan baku air pertanian harus terus dijaga kelancarannya, sehingga sektor pertanian mampu menghasilkan hasil panen yang baik untuk mendongkrak kesejahteraan para petani.

"Optimalisasi irigasi erat hubungannya dengan keberhasilan dalam pertanian, perawatan saluran irigasi ini semoga mampu menunjang masa tanam padi periode ini," tutup Serma Hendrik.

Sementara itu, salah satu Babinsa Koramil 1612-06//Lembor, Serka Sukardin mengatakan, kegiatan ini dilakuknan untuk masa tanam semester II tahun 2019, dimana saluran irigasi ini mengairi persawahan di  3 GP3A (Gabungan Perkumpulan Petani Pengelola Air). (Kodim 1612/Manggarai)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar