Minggu, 23 Juni 2019

Danrem 162/WB Buka Persami Pramuka Saka Wira Kartika Korem 162/WB


Pendam IX/Udayana
Minggu, 23 Juni 2019

Lobar - Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., membuka acara Perkemahan Sabtu dan Minggu (Persami) Pramuka Wira Saka Kartika (SWK) Korem 162/WB tahun 2019 di Bumi Perkemahan Karang Bayan, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, Sabtu (22/6).

Sebanyak 280 orang adik-adik Pramuka binaan Korem 162/WB mengikuti kegiatan Persami yang dilaksanakan selama dua hari kedepan dibawah pimpinan Kasiter Korem 162/WB Letnan Kolonel Arh Budiono.

Danrem 162/WB dalam sambutannya menyampaikan gerakan  Pramuka  telah  menjadi salah satu pilar penting  dalam  sistem  pendidikan nasional yang dapat menarik seluruh elemen masyarakat untuk merapatkan barisan dalam menuju cita-cita bangsa yang mulia.

Dijelaskannya, kegiatan Persami ini dalam  rangka  pembinaan Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika untuk melaksanakan kegiatan bersama sekaligus untuk mengisi waktu liburan dengan kegiatan yang positif. 

"Diterbitkannya Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka sebagai bentuk  kepedulian dan perhatian Pemerintah terhadap keberadaan Kepramukaan bagi para Pemuda Indonesia mengingat Pramuka merupakan salah satu wadah untuk membentuk kepribadian generasi muda yang cerdas, beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme, memiliki kepemimpinan yang handal, cinta lingkungan serta disiplin tinggi dan patuh terhadap hukum," papar Danrem. 

Untuk itu, lanjutnya, melalui kegiatan perkemahan ini, adik-adik Pramuka Wira Saka Kartika akan mendapat pembekalan ilmu pengetahuan bela negara dan wawasan kebangsaan serta keterampilan dasar navigasi darat, pioner, mountenering dan survival serta kegiatan lainnya yang dapat memotivasi adik-adik untuk menumbuhkan dan meningkatkan kreativitas baik secara perorangan maupun kelompok. 

Selain itu, pria kelahiran Jakarta tersebut juga agar adik-adik Pramuka nantinya bisa menjadi kader dalam mengimplementasikan Empat Pilar Kebangsaan baik Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan sekolah maupun di tempat tinggal masing-masing.

"Jadilah remaja yang aktif, kreatif, inovatif, enerjik dan hindari bahaya Narkoba sehingga menjadi generasi penerus bangsa yang patut dibanggakan dimasa yang akan datang," pungkasnya. 

Kegiatan perkemahan yang akan dilaksanakan selama dua hari tersebut dihadiri Dandim 1606/Lobar, Danyonif 742/SWY dan para Pasi diikuti juga oleh perwakilan Pramuka Wira Saka Kartika perwakilan masing-masing binaan Kodim jajaran Korem.

Dilokasi perkemahan beberapa tenda terlihat sudah berdiri terpasang, sesuai jadwal perkemahan akan diisi dengan berbagai kegiatan termasuk permainan oleh pembina maupun kakak pembina agar tetap semangat dan antusias. (Penrem 162/WB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar