Rabu, 12 Juni 2019

Kasdam IX/Udayana Buka Penataran Bela Negara Tersebar Wilayah Kodam IX/Udayana Tahun 2019

Pendam IX/Udayana
Kamis, 13 Juni 2019

Tabanan - Kasdam IX/Udayana, Brigjen TNI Kasuri membuka penataran bela negara tersebar di wilayah Kodam IX/Udayana bertempat di Lapangan Wira Yudha Bhakti Rindam IX/Udayana, Tabanan, Rabu (12/06/2019).

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Kasdam menyampaikan amanat Pangdam IX/Udayana, bahwa pelatihan bela negara yang memiliki tujuan mulia yakni membina dan membentuk generasi muda Bangsa Indonesia yang berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil serta memiliki semangat dan kesadaran bela negara ini, sebagaimana tertuang dalam UUD 1945 Pasal 27 ayat (3), Pasal 30 ayat (1) dan UU Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara, di mana pada Pasal 9 ayat 1-3 telah menegaskan hak dan kewajiban warga negara, untuk turut serta dalam pelaksanaan bela negara maupun usaha pertahanan dan keamanan negara. 

Selanjutnya ditegaskan pula, bahwa upaya bela negara bukanlah kegiatan pembentukan militerisasi seperti yang terpikir di benak masyarakat, namun lebih kepada pembentukan sikap dan perilaku warga negara yang dilandasi oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Upaya bela negara, selain sebagai kewajiban dasar manusia, juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab, dan rela berkorban dalam pengabdian kepada negara dan bangsa.

Pelaksanaan kader bela negara tahun 2019 ini mengambil tema “Melalui Penataran Kader Bela Negara di Kalangan Pelajar Setingkat SLTA ,TNI AD Siap Membentuk Generasi Muda Bangsa yang Berjiwa, Patriotisme, Berkarakter, Berwawasan Kebangsaan dan Cinta Tanah Air Guna Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia".

Diharapkan para peserta kader bela negara yang diikuti sebanyak 250 orang dari siswa siswi setingkat SLTA se Bali dapat menyerap makna dan inti daripada pelaksanaan pelatihan ini, sehingga dikemudian hari dapat diterapkan dalam kehidupan dan aktifitas sehari-hari.

Di akhir amanatnya Kasdam menyampaikan, selamat belajar dan berlatih kepada seluruh peserta penataran kader bela negara. Semoga penataran yang memiliki tujuan mulia ini, yakni membina dan membentuk generasi muda Bangsa Indonesia yang berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil, serta memiliki semangat dan kesadaran bela negara, dapat berjalan dengan baik, aman, tertib dan lancar serta mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.

Hadir pula pada kesempatan tersebut Irdam IX/Udy, Danrindam IX/Udy, Kapok Sahli Kodam IX/Udy, Staf Ahli Kodam IX/Udy, Aster Kasdam IX/Udy, Kabintaldam IX/Udy, Dandim Jajaran Korem 163/WSA dan Kapolres Tabanan serta para Perwira Rindam IX/Udayana. (Pendam IX/Udayana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar