Kamis, 04 Juli 2019

400 Babinsa Jajaran Kodam IX/Udayana Ikuti Sosialisasi Pendampingan Upsus

Pendam IX/Udayana
Kamis, 4 Juli 2019
Tabanan - Program Pendampingan Upaya Khusus (Upsus) Pertanian kerjasama TNI AD dengan Kementan RI telah berjalan selama 4 tahun, diharapkan dengan kerjasama ini dapat terus meningkatkan pencapaian target dari program pertanian yang pada akhirnya dapat membuat Negara Indonesia menjadi negara yang berswasembada pangan. 

Hal tersebut disampaikan  Asisten Teritorial Kasad Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari, S.I.P., M.Si., saat membuka Sosialisasi Pendampingan Upsus Tersebar Bidang Pertanian TA .2019  di Aula I Gusti Ngurah Rai, Rindam IX/Udayana, Tabanan yang diikuti sebanyak 400 orang Babinsa Wilayah Jajaran Kodam IX/Udayana pada Kamis (4/7).

Lebih lanjut disampaikan, bahwa selama pelaksanaan pendampingan oleh TNI AD dalam bidang pertanian pada tahun 2018 menunjukkan hasil yang positif, hal tersebut patut kita syukuri bersama, demikian tegas Aster Kasad. 

Mengakhiri sambutannya Aster Kasad menekankan beberapa hal yang menjadi tugas Babinsa terkait program Pendampingan Upsus Pertanian, antara lain : Pertama,  dorong petani untuk melaksanakan budaya tanam serentak dan meningkatkan luas tambah tanam (LTT). Kedua, bantu pembangunan infrastruktur jaringan irigasi tersier seperti embung, long storage, parit, dan sebagainya. Ketiga, kawal terus pendistribusian (Saprodi) yaitu pupuk dan benih secara simpatik dan berkoordinasi dengan instansi terkait.

Optimalkan brigade Alsintan Kodim guna mendukung percepatan tanam, tingkatkan indeks pertanian dan tanam serentak. Selanjutnya petakan potensi hasil panen tiap-tiap daerah dan laksanakan mekanisme rantai penyerapan gabah/beras secara terjadwal, serta rangkul petani dan pengusaha agar menjual gabah/beras ke Bulog terutama bagi mereka yang mendapat bantuan dari pemerintah. Demikian penekanan  Aster Kasad mengakhiri sambutannya.

Acara yang diakhiri dengan penyerahan Sarana Produksi (Saprodi) pertanian secara simbolis dalam rangka Lomba Demplot Bali dan Nusra dari Aster Kasad yang didampingi Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri, Dirjen PSP Kementrian RI (Dr Sarwo Edhy, S.P, M.M), Danrem 163/Wira Satya, Danrindam IX/Udayana, Aster Kasdam IX/Udayana, Paban III/Wanwil Sterad, Paban IV/Komsos Sterad, CEO Talita Grup serta undangan lainnya kepada para perwakilan Babinsa Kodim Jajaran Kodam IX/Udayana.(Pendam IX/Udy).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar