Rabu, 03 Juli 2019

Aster Kasad kunjungi Kegiatan Binter Terpadu di Wilayah Kodim 1619/Tabanan

Pendam IX/Udayana
Rabu, 3 Juli 2019

Tabanan - Asisten Teritorial Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Aster Kasad ) Mayor Jenderal TNI Bakti Agus Fadjari  S.IP, M.Si beserta rombongan tiba di Makodim 1619/Tabanan dalam rangka Meninjau  Kegiatan Binter Terpadu Serbuan Teritorial TNI AD TA. 2019 di wilayah Kodim 1619/Tabanan pada Rabu (3/7/2019)

Dalam kunjungannya Aster Kasad yang lulusan akmil angkatan 87 ini disambut oleh Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri, Danrem 163/WSA Kolonel Arh Albertus Magnus Suharyadi S.IP M.Si, Aster Kasdam IX/Udy Kolonel Inf I Kadek Subawa, Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto  dan Forkopimda Kabupaten Tabanan.

Setelah meninjau Makodim 1619/Tabanan dan coffe morning bersama Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) kegiatan dilanjutkan dengan menghadiri Kegiatan Komsos dengan komponen masyarakat yang diisi dengan Sosialisasi cegah tangkal paham radikal di Gedung I Ketut Mario Tabanan dengan pokok-pokok acara diantaranya Tari Penyambutan Tari Bungan Sandat Serasi yang dipersembahkan oleh Sanggar Ayu Tabanan kemudian dilanjutkan dengan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan penyampaian sambutan-sambutan.

Sambutan Selamat Datang dari Bupati Tabanan yang dibacakan oleh asisten 1 Pemkab. Tabanan I Wayan Miarsana S.H, M.Si. intinya bahwa masyarakat Tabanan adalah masyarakat sosio religius agraris, dengan warna budaya pertanian dan merupakan daerah masyarakat Hindu yang tetap dalam kerukunan dan keharmonisan dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara di bawah naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Kerukunan umat beragama terpelihara baik sehingga Tabanan penyandang Harmoni Award dari Kementrian Agama, terangnya.

Kondisi keamanan Tabanan tetap terjaga aman dan nyaman serta kondusif sebagai syarat utama DTW, dan ini berkat kerjasama yang baik dan solid diantara Forum Koordinasi Pimpinan Daerah termasuk peran Kodim 1619/Tabanan, lanjutnya

"Harapan kami mari kita jaga kondisi Tabanan ini bersama-sama dengan semangat membangun daerah sebagai wujud pengabdian kita sebagai anak bangsa" tutup Miarsana.

Sedangkan Perwira Tinggi TNI AD bintang dua dipundak yang menjabat Aster Kasad sejak 25 Januari 2019 tersebut  dalam sambutannya menyampaikan bahwa ucapan terimakasih yang setinggi-tingginya  atas kesediaan semua  pihak yang siap mendukung Kegiatan Binter Terpadu dalam rangka Serbuan Teritorial TNI AD TA. 2019, sejalan dengan tema yang diangkat yaitu "Menangkal Paham Radikalisme/Separatisme dan Filter Budaya Bebas di Era Globalisasi".

Radikalisme adalah merupakan sikap yang mendambakan perubahan secara total dan bersifat revolusioner dengan menjungkir balikan nilai-nilai yang ada secara drastis lewat kekerasan (violence) dan aksi-aksi Ekstrem, terangnya.

Ada beberapa Strategi dalam menghadapi radikalisme yaitu Kontra radikalisasi upaya penanaman nilai-nilai ke Indonesiaan serta nilai-nilai non kekerasan melalui pendidikan formal dan non formal dan juga melalui kerjasama dengan para tokoh agama, tokoh pendidikan, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda seluruh stakeholder  untuk memberikan nilai-nilai Kebangsaan, tegasnya

Setelah memberikan sambutan Aster Kasad dalam kesempatan tersebut juga menyerahkan  buku tentang Wawasan Kebangsaan secara simbolis kepada perwakilan komponen masyarakat Tabanan dan Pati kelahiran Purwokerto 54 tahun silam itu berpesan "Semoga buku tersebut memberikan manfaat dan berguna untuk meningkatkan jiwa kebangsaan kita", lanjutnya.

Setelah Kegiatan Komsos di Gedung I Ketut Maria Aster bersama rombongan meninjau simulasi kegiatan Saka Wira Kartika (SWK) binaan Kodim 1619/Tabanan di halaman Garuda Wisnu Serasi Tabanan untuk memberikan semangat dan menyampaikan kepada adik-adik Pramuka agar lebih giat lagi untuk belajar dan berlatih agar menjadi Pramuka yang handal dan berprestasi.

Setelah meninjau kegiatan SWK Aster Kasad dan rombongan menuju Kegiatan Pengobatan Massal dan donor darah yang diselenggarakan di Areal Kantor Perbekel Desa Gubug Kec. Tabanan dan berbincang-bincang dengan koordinator dan juga peserta kegiatan.

Pada akhir kegiatannya di Wilayah Kecamatan Tabanan rombongan meninjau kegiatan karya bhakti yang melibatkan TNI-Polri dan Instansi terkait serta seluruh komponen masyarakat dalam pembuatan badan jalan dan pembuatan saluran air di lokasi TMMD di Br Tonja Desa Gubug Kec. Tabanan

Setelah di Wilayah Kecamatan Tabanan Aster Kasad bergeser ke Wilayah Kecamatan lain yaitu  menuju Wilayah Kecamatan Baturiti untuk meninjau Kharya bhakti perbaikan/pengecatan Mushola Al.Murobithin di Desa Baturiti Kec. Baturiti serta melaksanakan komsos dengan  para tokoh di Kec.Baturiti.

Setelah Kegiatan selesai Rombongan di dampingi Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto S.IP berkunjung ke Wisata Edukasi Secret Garden Village Desa Luwus Kec Baturiti untuk ramah tamah. (Kodim 1619/Tabanan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar