Senin, 01 Juli 2019

Karena Senyum Masyarakat Perbatasan Sangat Berarti Bagi Satgas Yonif Mekanis 741/GN

Pendam IX/Udayana
Senin, 1 juli 2019

TTU - Menciptakan suasana aman dan nyaman adalah salah satu tugas Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat sebagai penjaga perbatasan. Pada setiap kesempatan yang ada  terus satgas manfaatkan untuk terus bertambah dekat dengan masyarakat, sambil mempelajari budaya setempat. Inilah yang dilakukan salah seorang anggota satgas yang bertugas di Pos Nelu disela melaksanakan pengamanan, Minggu (30/6/2019).

Dalam rangka memperingati hari raya paskah, Jemaat paroki Bakitolas tepatnya di Desa Bakitolas, Kecamatan Naibenu, Kabupaten TTU menggelar perlombaan bola voli putra dan putri sambil diiringi dengan musik dan tarian adat masyarakat setempat yaitu tarian "Marongge".

Dalam perayaan paskah ini, Para Tokoh Agama di desa Bakitolas meminta bantuan beberapa personil dari Pos Nelu untuk melaksanakan pengamanan. Ditengah-tengah keramaian untuk merasakan damai paskah ini salah seorang anggota Pos Nelu a.n Pratu Imran Rosadin Agus Saleh memanfaatkan kesempatan yang ada untuk duduk berkumpul bersama masyarakat. 

Tidak hanya sekedar ikut memeriahkan pertandingan voli, Pratu Imran juga mencoba belajar tarian khas Marongge yang di dampingi langsung oleh bapak Romo Bakitolas Bapak Delvi Asa dan beberapa orang masyarakat setempat. Disamping itu juga Pratu imran tidak ragu ketika di ajak mencoba makanan lokal khas setempat yaitu sirih pinang.

Masyarakat sangat terkesan dengan kehadiran bapak-bapak TNI diantara mereka terutama di Pos Nelu ,selain melaksanakan Patroli Keamanan menjaga patok perbatasan, Anggota pos Nelu juga selalu hadir di tengah masyarakat serta memberikan rasa aman dan nyaman.

Disampaikan langsung oleh Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Mayor Inf Hendra Saputra, S.Sos., M.M., M.I.Pol di Eban, bahwa apa yang dilakukan salah seorang anggota seperti itu adalah wujud bagaimana kita menciptakan kedekatan emosional dengan masyarakat, menghilangkan rasa takut terhadap TNI guna menciptakan rasa nyaman. Karena kami disini adalah untuk mencari keluarga."

"Selain itu, melaksanakan tugas sambil mempelajari budaya setempat adalah seni dari TNI. Meningkatkan kreatifitas dan mencintai budaya lokal yang ada disetiap daerah penugasan akan mewujudkan TNI kuat bersama rakyat," tambah Dansatgas. (Pen Satgas Yonif Mek 741/GN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar