Selasa, 30 Juli 2019

Pangdam IX/Udayana Apresiasi Semangat Gotong Royong TMMD Ke 105 Kodim 1610/Klungkung


Pendam IX/Udayana
Selasa, 30 Juli 2019

Klungkung - Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., Senin siang (29/07) meninjau lokasi TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD Reguler Ke 105 Kodim 1610/Klungkung, di Desa Nyanglan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung.

Dalam kunjungan tersebut Pangdam IX/Udayana didampingi oleh Danrem 163/Wira Satya Kolonel Arh A.M. Suharyadi, S.I P., M.Si.,Aster Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf I Kadek Subawa, Kapendam Kolonel Kav Jonny Harianto serta Sekretaris Daerah  Klungkung I Putu Gede Winastra.

Dalam sambutannya Pangdam menyampaikan apresiasinya kepada seluruh prajurit,  masyarakat dan tentunya Pemerintah Kabupaten Klungkung dalam pelaksanaan TMMD kali ini yang tetap mampu menjaga dan memelihara semangat gotong royong.

"Gotong royong sudah menjadi filosofi dalam kehidupan masyarakat Indonesia dan bagi TNI hal ini bisa diwujudkan dalam bentuk operasi bakti, bakti TNI atau karya bakti dan TMMD yang sedang kita laksanakan seperti saat ini menjadi salah satu wujudnya", ungkap Pangdam

Menurut Pangdam, dengan kemajuan teknologi saat ini semangat gotong royong sudah mulai terkikis, maka dari itu Pangdam menekankan tugas Pokok TNI selain dalam operasii militer perang, juga melaksanakan operasi militer selain perang, termasuk TMMD di wilayah binaannya masing-masing. 

Maksud dan tujuan TMMD itu sendiri adalah untuk membantu masyarakat dengan semangat gotong royongnya dapat mendukung pembangunan pemerintah daerah.

Pada kesempatan tersebut Pangdam meninjau pengerjaan jalan sepanjang 2.035 meter, bedah rumah dan pembuatan jamban.

Penijauan dilakukan dengan menggunakan mobil off road yang memang disiapkan oleh Kodim 1610/Klungkung yang mendapatkan dukungan dari satu komunitas offroad menuju lokasi.

Pembuatan jalan sepanjang 2035 meter tersebut sudah dimulai sejak tanggal 10 Juli 2019 dan dijadwalkan rampung sebelum penutupan TMMD pada tanggal 8 Agustus 2019 mendatang.

Pangdam berharap keberadaan TNI di tengah-tengah masyarakat dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. 

"Dengan soliditas TNI-Polri, Pemerintah Kabupaten Klungkung dan Warga Desa Nyanglan, semoga pelaksanaan TMMD dan hasilnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat", ungkap Jenderal Bintang Dua tersebut.

Rangkaian kegiatan juga diisi dengan penanaman pohon penghijauan jenis mahoni oleh Pangdam dan rombongan, penyerahan Sembako kepada warga masyarakat serta meninjau lokasi air terjun  Tirta Tiyasa Udayana yang ditemukan Satgas TMMD bersama warga yang sangat berpotensi menjadi tujuan wisata baru di Desa Nyanglan. (Penrem 163/WSA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar