Jumat, 12 Juli 2019

Tactical Floor Game (TFG) Untuk Optimalkan Latihan Pam VVIP Kodam IX/Udayana

Pendam IX/Udayana
Jumat, 12 Juli 2019

Denpasar - Tindak lanjut pelaksanaan Drill Teknis Tactical Floor Game (TFG) pada Kamis kemarin, maka pada Jumat (12/7/2019) dilanjutkan dengan Drill Taktis TFG secara terintegrasi yang langsung ditinjau oleh Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri, didampingi Irdam IX/Udayana dan Asintel Kasdam IX/Udayana serta Tim Wasev Lat dari Mabes TNI yaitu Kolonel Inf Lismer. L dan Mayor Laut Faizal yang dilaksanakan di GOR Praja Raksaka Kepaon, Denpasar. 

Demikian disampaikan Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G, S.I.P dalam siaran persnya di Makodam IX/Udayana, pada Jumat (12/7).

Dalam peninjauan tersebut para Dansatgas melaporkan kesiapannya masing-masing sesuai dengan skenario yang sudah dilatihkan. Selanjutnya dilaksanakan diskusi bersama para Dansatgas dan staf guna memastikan mekanisme pelaksanaan pengamanan sudah tidak ada kendala lagi, agar dalam pelaksanaannya nanti para peserta latihan sudah paham dan siap untuk melaksanakan tugas sesuai dengan bidangnya masing-masing dan sesuai dengan Protap Pengamanan VVIP.

“Selanjutnya, untuk mengintegrasikan semua unsur yang terlibat dalam Satgas Pam VVIP ini, maka dilaksanakan latihan menggunakan metoda TFG dengan tujuan untuk memantapkan dan memastikan setiap unsur pimpinan maupun anggota yang terlibat dalam pengamanan ini benar-benar paham dan mengerti dengan tugasnya masing-masing sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), sehingga dalam pelaksanaan latihan di lapangan tidak ada lagi keragu-raguan ataupun kesalahan prosedur akibat kekurang pahaman terhadap tugas masing-masing. Oleh sebab itu, dalam latihan terintegrasi ini betul-betul dimatangkan,” papar Kapendam. 

Skenario yang dilatihkan pada kegiatan Pengamanan VVIP Kodam IX/Udayana TA. 2019,  terkait pengamanan VVIP kunjungan kerja Presiden RI beserta Ibu Negara di wilayah Provinsi Bali, yaitu dengan mensimulasikan kegiatan pengamanan VVIP mulai dari pengamanan kedatangan rombongan VVIP, route yang dilalui, tempat acara, maupun tindakan untuk mengevakuasi bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, demikian tutup Kapendam mengakhiri siaran persnya. (Pendam IX/Udy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar