Minggu, 11 Agustus 2019

Dandim 1612/Manggarai Silaturahmi dan Komsos Dengan Warga Binaan Lapas Carep


Pendam IX/Udayana
Minggu, 11 Agustus 2019

Manggarai - Dandim 1612/Manggarai memberikan bekal Wawasan Kebangsaan bagi para warga binaan bertempat di aula Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Ruteng, Kelurahan Carep, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Kamis (8/8/19). Kegiatan ini merupakan program komsos Kodim 1612/Manggarai.

Dandim 1612/Manggarai Letkol Inf Rudy Markiano Simangunsong, S.Sos dalam ceramahnya menyambpaikan bahwa keutuhan NKRI dan Ideologi Pancasila terus mengalami cobaan dan rongrongan seiring perkembangan sosial kemasyarakatan dan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

“Ideologi Pancasila menghadapi rongrongan seperti isu SARA, radikalisme, narkoba dan korupsi,” kata Letkol Rudy.

Seiring kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, papar Dandim, isu SARA sangat mudah dihembuskan melalui media sosial, apalagi Indonesia merupakan pengguna internet terbanyak di dunia, dimana lebih separuhnya merupakan pengguna media sosial Facebook.

Menurut Dandim kegiatan radikalisme tidak hanya terfokus pada upaya kebangkitan kembali ideologi Komunisme melalui neo PKI atau PKI gaya baru, akan tetapi bisa juga berasal dari gerakan keagamaan seperti ISIS.

Napi juga diingatkan tentang upaya konspirasi melemahkan bangsa Indonesia melalui peredaran Narkoba yang dijalankan secara sistematis untuk merusak generasi muda.

“Tak kalah membahayakan adalah korupsi yang merusak sendi-sendi perekonomian bangsa, sehingga turut melemahkan bangsa dan Ideologi Pancasila,”lanjutnya.

Selain menyampaikan sosialisasi wawasan kebangsaan, Dandim juga memberika motivasi kepada warga binaan Ruteng agar tidak putus asa dan lemah kemauan untuk memperbaiki diri kedepan.

Kepala Rutan (Karutan) Kelas IIB Ruteng, Gatot Harisaputro, A.md.IP.,S.H,M.H menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dandim 1612/Manggarai telah berkunjung dan  bersilaturahmi serta memberikan pencerahan Wawasan Kebangsaan kepada para warga binaan Ruteng.

Gatot menambahkan dalam upaya meningkatkan Wawasan Kebangsaan dikalangan warga binaan, kedepannya sesuai dengan instruksi dari Kanwil Kemenkumham, phaknya akan meminta bantuan Kodim 1612/Manggarai untuk memberikan pelatihan Peraturan Baris Berbaris. (Kodim 1612/Manggarai)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar