Rabu, 07 Agustus 2019

Kasad : TNI AD Siap Bantu Pemda NTB Sukseskan Rehab Rekon Rumah Pasca Gempa

Pendam IX/Udayana
Rabu, 7 Agustus 2019

Mataram - Untuk membantu percepatan proses rehab rekon terpadu pasca gempa di NTB, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa menyatakan bahwa apabila Pemerintah Daerah memerlukan, TNI AD siap untuk menambah personelnya membantu percepatan proses rehab rekon terpadu pasca gempa di NTB.

Hal itu disampaikan Kapendam IX/Udayana  Kolonel Kav Jonny Harianto G, S.I.P., dalam keterangan tertulisnya di Denpasar, Bali, Selasa (6/8/2019).

Diungkapkan Kapendam, setelah meresmikan Gedung TK Kartika VII-11 Mataram di  Asrama Gebang, Mataram dan pengarahan kepada Prajurit TNI AD di wilayah Korem 162/WB, Kasad melaksanakan peninjauan progres rehab rekon Rumah Tahan Gempa (RTG) di wilayah Gontoran Kelurahan Bertais Kecamatan Sandubaya Mataram.

"Pada kesempatan itu, Kasad menyampaikan bahwa TNI AD akan selalu siap membantu penyelesaian pekerjaan rehab rekon RTG ini, bahkan beliau menyatakan siap menambah personel TNI AD untuk membantu percepatan penyelesaian ini apabila Pemerintah Daerah memerlukan ,"tegas Jonny.

Saat ini , kata Jonny, TNI  telah menerjunkan sekitar 1000  Prajurit TNI untuk membantu proses rehab rekon pasca gempa.

"Namun dalam pertemuan tadi, kepada Pak Walikota dan Gubernur, Kasad menyampaikan, kalau 1000 dari pusat masih kurang, beliau dengan tegas siap mengirim kembali, agar pekerjaan yang telah mencapai seperempat target dapat segera diselesaikan," terangnya.

Lebih lanjut Jonny menjelaskan, bahwa dari hasil pemantauan dan laporan Korem 162/WB, seluruh jajaran TNI AD yang terlibat dalam membantu pemerintah daerah untuk proses rehab rekon pasca gempa bumi dapat dianggap dan  kelihatan sudah maksimal.

"Semua pihak, khususnya dari Satuan Zeni TNI AD berupaya maksimal, namun dalam membantu proses rekon di NTB  ini sangat dipengaruhi ketersediaan bahan,"tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, Kasad yang didampingi Gubernur NTB dan Walikota Mataram menyaksikan penyerahan kunci rumah secara simbolis yang diberikan kepada warga.

Sementara itu, Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah mengucapkan terimakasih kepada TNI Dan Khususnya TNI AD yang selama ini fokus memberikan bantuan kepada masyarakat NTB.

"Anggota TNI selalu hadir ditengah-tengah masyarakat pada saat bencana alam gempa mulai dari tanggap darurat, tahap rehab rekon hingga sekarang proses rehab rekon terpadu yang melibatkan ribuan pasukan Zeni TNI," kata Gubernur NTB.

Sebelumnya, Kepala Staf Korem 162/WB Letkol Inf Endarwan Yansori memaparkan paparan tentang progres rehab rekon terpadu yang dikerjakan 1000 Personel TNI dari pasukan Zeni maupun aplikator dari TNI Polri  di tujuh Kabupaten Kota se Provinsi NTB. (Dispenad)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar