Rabu, 27 November 2019

Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik di Klungkung


Pendam IX/Udayana
Rabu, 27 November 2019

Klungkung - Pemerintah Kabupaten Klungkung bersama Kodim 1610/Klungkung dan nstansi lainnya serta masyarakat bahu membahu dalam bergotong royong melaksanakan karya bakti bersih-bersih sampah plastik, Minggu (24/11/2019) di dua wilayah pantai di Kabupaten Klungkung yang menjadi sasaran kegiatan tersebut.

Adapun sasaran pembersihan sampah plastik kali ini dipusatkan di sepanjang Pantai Lepang dan Pantai Sidayu Kececamatan Banjarangkan, Klungkung.

Kepala Dinas DKLH (Dinas Kebersihan Lingkungan Hidup) Kabupaten Klungkung Anak Agung Kirana dalam sambutannya menyampaikan sangat mengapresiasi kegiatan ini serta mengajak kepada seluruh komponen masyarakat untuk senantiasa mendukung kegiatan ini.

"Kegiatan seperti ini merupakan wujud dari upaya pengurangan sampah plastik dan ke depannya kegiatan-kegiatan seperti ini diharapkan terus menerus dapat dilaksanakan", ungkapnya. 

Lanjutnya, kegiatan bersih sampah plastik ini dilakukan serentak di seluruh wilayah Bali.

Senada Dandim 1610/Klungkung Letkol Czi Paulus Joni Simbolon S.E., M. Tr., (Han), mengatakan pada kegiatan ini kita mengajak seluruh masyarakat untuk membudayakan pola hidup sehat dan bersih yang diawali dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan.

Kemudian secara literasi,  kita melaksanakan sosialisasi ke sekolah-sekolah maupun kepada masyarakat melalui para Babinsa, Bhabinkamtibmas tentang bagaimana mengurangi penggunaan sampah plastik, mengingat sampah plastik membutuhkan waktu yang lama untuk diurai.

"Kita melaksanakan penyuluhan berupa sosialisasi ke sekolah-sekolah dan masyarakat melalui Babinsa dan Bhabinkamtibmas", tegas Letkol Paulus Joni Simbolon.

Dirinya berharap kepada masyarakat, apa yang menjadi program dari pemerintah dalam rangka menjaga kelestarian Bali sebagai destinasi pariwisata harus kita dukung secara maksimal. Sampah dapat menjadi momok yang dapat mengganggu eksistensi Bali sebagai pulau wisata. Untuk itu perilaku mengatasi masalah sampah dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga.

Pantauan di lokasi kegiatan terdapat sejumlah 1000 orang yang dilibatkan dalam kegiatan bersih sampah kali ini, antara lain dari unsur SKPD Kabupaten Klungkung, OPD Pemkab Klungkung, Forkompincam Banjarangkan, Perbekel Takmung, Para Klian Banjar, Bendesa Adat Lepang, Anggota Kodim 1610/Klungkung, Polres Klungkung, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri Klungkung,  Instansi Pemerintah/Swasta, Tim Penggerak PKK Kabupaten Klungkung, Siswa-Siswi SMA/SMK se  Kabupaten Klungkung, warga masyarakat, Sekaa Teruna serta Komunitas Lingkungan serta organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan. (Kodim 1610/Klungkung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar