Senin, 30 Desember 2019

Pemkab Gianyar Bersama TNI-Polri dan Masyarakat Bersihkan Pantai Masceti


Pendam IX/Udayana
Senin, 30 Desember 2019

Gianyar - Kegiatan karya bakti bersih-bersih pantai dari sampah plastik yang bertajuk, "Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik", yang diprakasai  Pemerintah Kabupaten Gianyar bersinergi dengan Kodim 1616/Gianyar, Polres Gianyar serta jajaran terkait dan seluruh komponen masyarakat digelar di Pantai Masceti, Desa Medahan, Kecamatan Blahbatuh, Jumat (27/12/2019).

Aksi bersih-bersih sampah plastik di Pantai Masceti tersebut melibatkan ratusan personel yang terdiri dari Anggota Kodim 1616/Gianyar yang dipimpin langsung oleh Dandim 1616/Gianyar Letkol Inf Frandi Siboro, Polsek Blahbatuh, Para ASN Pemkab Gianyar, organisasi pemerhati lingkungan Trash Hero dan Indonesia Power serta siswa-siswi SMP Negeri 2 Keramas dan SD Negeri se Desa Medahan serta masyarakat setempat.

Dandim 1616/Gianyar Letkol Inf Frandi Siboro saat ditemui di lokasi mengatakan komitmen kita untuk melestarikan lingkungan harus tetap digaungkan karena saat ini penggunaan kantong plastik maupun sejenisnya sangat sulit terkontrol apalagi dibuang sembarangan.

"Pantai adalah tempat disucikan bagi Umat Hindu maka dari itu marilah kita pelihara kebersihannya, kami dengan Pemkab Gianyar akan rutin untuk turun membersihkan pantai maupun fasilitas umum lainnya dari sampah, terutama sampah plastik", ujar Dandim Gianyar.

Sementara itu Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Gianyar Ngakan Putu Darmajati menjelaskan, kegiatan Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik ini bertujuan mewujudkan lingkungan alam yang sehat, sejuk, nyaman dan terutama bebas dari sampah plastik.

Pihaknya mengajak dan menghimbau kepada semua pihak untuk bersama-sama membersihkan dan menjaga lingkungan di sekitar kita. "Cintai alam kita supaya bebas dari sampah, utamanya masalah sampah plastik", tegas Ngakan Putu Darmajati.

Pantauan di lapangan kegiatan yang dilaksanakan selama 1,5 jam tersebut mampu menggumpulkan sampah plastik dan sampah lainnya yang ada di sekitar pantai yang kemudian dikumpulkan dalam karung plastik yang selanjutnya diangkut dan dibuang di tempat pembuangan sampah.

Pasiter Kodim 1616/Gianyar Kapten Inf Anak Agung Raka Malia mengatakan kegiatan karya bakti bersih sampah tersebut juga dilaksanakan secara serentak di tiap kecamatan dengan menyasar tempat-tempat umum seperti pantai, pasar dan tempat lainnya. (Kodim 1616/Gianyar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar