Kamis, 26 Desember 2019

Semarakkan Hari Raya Natal di Perbatasan, Sinterklas Satgas Yonif Raider 142/KJ Berbagi Kebahagiaan


Pendam IX/Udayana
Kamis, 26 Desember 2019

Belu - Merayakan Natal dan Tahun Baru 2020 di daerah perbatasan, personel Pos Fohululik Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ membagikan bingkisan kado Natal kepada anak-anak perbatasan di Desa Lutharato dan Desa Sisifatuberal, Kecamatan Lamaknen Selatan, Kabupaten Belu.

Kegiatan ini memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri, karena kisah Sinterklas diidentikkan dengan kereta salju yang ditarik oleh delapan rusa, lain halnya dengan kegiatan personel Pos Fohululik dalam merayakan Natal yaitu Sinterklas menunggangi seekor kuda dan memakai gerobak untuk membawa kado Natal sehingga terlihat berbeda dengan yang lainnya.

Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ Letkol Inf Ikhsanuddin, S.Sos.,M.M., mengungkapkan bahwa hal ini merupakan bentuk partisipasi personel Pos Fohululik dalam merayakan Natal di wilayah perbatasan, sehingga diharapkan dapat menciptakan warna yang berbeda dalam perayaan hari Natal di Desa Lutharato dan Desa Sisifatuberal.

"Kegiatan ini dapat terlaksana berkat inisiatif dari Sertu Ediyanto Simangunsong selaku Danpos Fohululik dengan skenario Sinterklas menggunakan gerobak yang ditarik seekor kuda," ungkap Dansatgas.

Dengan adanya partisipasi perayaan Natal dari personel Satgas Yonif R 142/KJ, diharapkan dapat lebih mempererat hubungan tali silaturahmi antara TNI dengan masyarakat, dimulai dari momen-momen khusus sejak sedini mungkin, yaitu salah satunya dengan cara merayakan Natal bersama anak-anak di daerah perbatasan, karena mayoritas warga masyarakat di wilayah perbatasan beragama Nasrani sehingga terbentuk solidaritas antar umat beragama.

"Kegiatan berbagi kebahagiaan dalam rangka merayakan Natal tersebut dipimpin langsung oleh Serda Pernando J Saputra selaku Wadanpos Fohululik bersama 4 orang personel Pos Fohululik lainnya," tegas Dansatgas.

Terselenggaranya acara ini berkat kerjasama dan kedekatan hubungan antara warga masyarakat dengan personel Pos Fohululik di daerah perbatasan, sehingga untuk melaksanakan koordinasi kegiatan tidak mengalami kesulitan.

Salah satunya adalah saat personel Pos Fohululik melaksanakan koordinasi terhadap Tokoh Masyarakat Bpk Julianus Koli Liku (47) selaku Kepala Desa Sisifatuberal, ia merasa senang dengan adanya acara ini karena anak-anak terlihat bersuka ria dengan kehadiran Sinterklas yang membagikan bingkisan kado Natal di Desa Sisifatuberal dan Desa Lutharato.

Ditempat yang sama, Bpk. Sipri Tes Mau (39) selaku Romo di Capela Dusun Fomoku Desa Sisifatuberal menyampaikan tanggapannya atas kegiatan tersebut.

"Kami merasa sangat senang, karena anak-anak kita keliatan bersukaria dengan adanya kegiatan ini, kegiatan seperti ini adalah kegiatan pertama kali diadakan di daerah perbatasan kita ini," ujarnya.

Sementara itu, Natalia Fransisca (10) mengucapkan rasa terima kasih kepada personel Satgas Yonif R 142/KJ dengan nada polos.

"Terima kasih banyak bapak-bapak TNI yang telah memberi kami kado Natal, semoga bapak-bapak TNI diberikan kemudahan, keselamatan dan kesehatan dalam bertugas di perbatasan," ungkapnya. (Satgas Yonif R 142/KJ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar