Kamis, 27 Februari 2020

Peduli Terhadap Pendidikan & Gizi Anak-anak di Perbatasan, Ini Yang Dilakukan Satgas Yonif R 142/KJ


Pendam IX/Udayana
Kamis, 27 Februari 2020

Belu - Dalam rangka membantu kekurangan guru dan pemenuhan gizi anak-anak di wilayah perbatasan Indonesia - Timor Leste, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ memberikan bantuan tenaga pendidik serta membagikan bubur dan susu kepada anak-anak Sekolah Dasar Katolik (SDK) Dafala yang berada di Dusun Dubasa A, Desa Dafala, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu.

Salah satu faktor penentu kemajuan Negara Indonesia adalah sumber daya manusia berkulitas yang berasal dari generasi penerus Bangsa di seluruh wilayah NKRI, termasuk  juga anak-anak yang berada di sepanjang wilayah perbatasan Indonesia - Timor Leste.

TNI AD juga telah memberikan perhatian bagi putra-putri terbaik yang berasal dari wilayah perbatasan berupa alokasi khusus penerimaan calon prajurit TNI AD yang berasal dari daerah perbatasan, salah satunya Nusa Tenggara Timur.

Sebagaiman diketahui bersama, minimnya sarana dan prasarana yang ada di wilayah perbatasan adalah salah satu faktor penentu hasil kualitas sumber manusia di suatu daerah, sehingga Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ selalu berupaya untuk memberikan solusi terbaik dalam rangka mendukung pembagunan Pemerintah serta memberikan motivasi, semangat dan pengetahuan kepada masyarakat perbatasan.

Hal tersebut juga tentang persaingan globalisasi di masa mendatang, berupa pemenuhan gizi, bantuan tenaga pendidik, renovasi sarana dan prasarana pendidikan, perpustakaan keliling hingga tranportasi antar-jemput calon generasi penerus Bangsa dalam menuntut ilmu.

Terlihat saat personel Pos Dafala Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ memberikan bantuan tenaga pendidik serta membagikan bubur dan susu dalam rangka memenuhi gizi generasi penerus Bangsa.

Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos., M.M., mengungkapkan bahwa dengan adanya bantuan tenaga pendidik tersebut, diharapkan dapat membantu mengatasi permasalahan kekurangan guru guna mengambil peran dalam memajukan pendidikan di sekolah-sekolah yang ada di wilayah perbatasan Indonesia - Timor Leste.

"Dengan bekal pengetahuan, ilmu serta pengalaman yang telah diberikan kepada beberapa personel kami disetiap pos pada saat pelaksanaan Pratugas di Homebase, menjadi modal dasar bagi kami untuk memberikan solusi dalam rangka mengatasi permasalahan-permasalahan yang timbul dalam dunia pendidikan di daerah penugasan," ungkap Dansatgas.

Selain memberikan bantuan tenaga pendidik di sekolah, personel Satgas Yonif Raider 142/KJ di Pos Dafala juga membagikan bubur dan susu secara gratis untuk anak-anak yang sedang menuntut ilmu di SDK Dafala demi menunjang gizi mereka.

"Melalui pembagian bubur dan susu kepada anak-anak, diharapkan dapat menunjang gizi mereka guna mencapai daya berfikir yang lebih baik pada saat belajar, karena generasi yang cerdas diimbangi dengan asupan gizi yang seimbang," ujarnya.

Sementara itu, Ibu Filsiana Aluk, S.Pd (42) selaku Kepala Sekolah SDK Dafala menyampaikan ucapan terima kasih atas kegiatan yang dilakukan oleh personel Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ khususnya Pos Dafala.

"Kami sangat berterima kasih kepada bapak-bapak TNI, khususnya dari Pos Dafala yang telah meluangkan waktunya disela-sela menjalankan tugas menjaga wilayah perbatasan untuk memberikan bantuan tenaga pendidik serta memberikan bubur dan susu secara gratis untuk anak didik kami," ungkap Ibu Filsiana Aluk, S.Pd. (Satgas Yonif R 142/KJ)

1 komentar:


  1. AJOQQ agen jud! poker online terpecaya dan teraman di indonesia :)
    gampang menangnya dan banyak bonusnya :)
    ayo segera bergabung bersama kami hanya di AJOQQ :)

    BalasHapus