Senin, 10 Februari 2020

Perkokoh Kemanunggalan, Satgas Yonif R 142/KJ Bersihkan Saluran Irigasi Bersama Masyarakat Delomil


Pendam IX/Udayana
Senin, 10 Februari 2020

Belu - Dalam rangka memperkokoh kemnunggalan TNI-rakyat di wilayah perbatasan, Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ bersama masyarakat melakukan Karya Bakti pembersihan saluran irigasi yang berada di Dusun Delomil, Desa Lamaksenunu, Kecamatan Lakmanen, Kabupaten Belu.

Terlihat personel Satgas Yonif R 142/KJ bersama warga membawa peralatan kerja, untuk melaksanakan kegiatan Karya Bakti pembersihan saluran irigasi yang berada di Dusun Delomil secara bergotong-royong, guna memperlancar aliran air menuju sawah milik masyarakat.

Yang mana selama ini aliran air menuju saluran irigasi sedikit terkendala akibat tertimbun lumpur tanah dan sendimen bebatuan yang disebabkan oleh terbawa derasnya air hujan yang terjadi secara terus-menerus di daerah tersebut.

Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos., M.M., mengungkapkan bahwa kegitan Karya Bakti pembersihan saluran irigasi tersebut dipimpin oleh Kopda Agus Rubianto bersama 5 orang personel Pos Delomil lainnya.

Pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan Karya Bakti yang telah dilaksanakan oleh personelnya yang berada di Pos Delomil bersama masyarakat, Dansatgas meminta agar personel Pos Delomil tetap semangat dan menjaga moril mereka untuk menunjukan dedikasi terbaik di wilayah perbatasan.

"Dengan lancarnya air yang mengalir di saluran irigasi, diharapkan dapat dimanfaatkan dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari, serta dapat mengairi areal persawahan secara maksimal," papar Dansatgas.

Karya Bakti yang dilakukan bersama masyarakat tersebut merupakan wujud kepedulian TNI, khususnya Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ terhadap kondisi sosial masyarakat yang ada di sekelilingnya, sehingga kebutuhan warga terhadap air dapat terpenuhi secara maksimal, baik untuk kepentingan sehari-hari maupun untuk mengairi areal persawahan milik warga.

"Saya selalu berharap agar keberadaan personel kami di tengah-tengah masyarakat perbatasan dapat memberikan manfaat dan pengaruh positif bagi warga yang ada di sekitar pos mereka," imbuhnya.

Sementara itu, Bapak Pitrus Alo (38) salah seorang warga Dusun Delomil mengatakan bahwa saluran irigasi harus dibersihkan secara berkala agar air dapat mengalir dengan lancar menuju areal persawahan, dan selama ini aliran air sering tersumbat akibat tertimbun material batu dan pasir yang terbawa banjir.

"Saya mewakili warga Dusun Delomil mengucapkan terima kasih kepada bapak-bapak TNI, khususnya dari Pos Delomil yang telah mengerakkan warga untuk melaksanakan kegiatan Karya Bakti ini, karena melalui gotong-royong maka pekerjaan yang berat akan terasa lebih ringan," ucap Bapak Pitrus Alo. (Satgas Yonif R 142/KJ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar