Rabu, 08 Juli 2020

Tim Pusterad Sosialisasikan Lomba Binter TNI AD di Kodam IX/Udayana


Denpasar - Kodam IX/Udayana menggelar sosialisasi Lomba Pembinaan Teritorial (Binter) TNI AD TA 2020-2021 yang disampaikan oleh Tim Sosialisasi dari Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad), pada Selasa (7/7) di Ruang Airlangga Makodam IX/Udayana, Denpasar.

Acara sosialisasi yang dilaksanakan melalui Vidcon diawali sambutan Pangdam IX/Udayana  Mayjen TNI Kurnia Dewantara, yang dibacakan Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Candra Wijaya menyampaikan bahwa implementasi dari pemberdayaan wilayah pertahanan darat melalui Pembinaan Teritorial dilaksanakan oleh Satuan Komando Kewilayahan dan Satuan Non Komando Kewilayahan.  

Binter sebagai Fungsi Utama TNI Angkatan Darat bertujuan untuk mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh demi kepentingan Pertahanan Negara (Hanneg) di darat serta mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat. Kemudian Binter juga memiliki peran yang sangat penting yaitu sebagai katalisator antara masyarakat dengan pemerintah. 

Mengingat fungsi dan perannya yang sangat penting, maka Binter harus ditingkatkan dengan cara lebih kreatif dan inovatif sehingga dapat menunjang transformasi TNI Angkatan Darat sebagaimana yang telah dicanangkan oleh Kasad.

Salah satu upaya penyiapan aparat Komando Kewilayahan adalah dengan cara melakukan kompetisi antara Satuan Komando Kewilayahan di jajaran TNI AD. Kompetisi tersebut diantaranya melalui Lomba Binter sebagaimana yang akan dilaksanakan dan lomba ini memiliki nilai positif karena selain untuk meningkatkan kualitas prajurit juga secara langsung akan menumbuhkan kebanggaan terhadap satuan.

Pangdam berharap kepada seluruh peserta sosialisasi, agar memperhatikan semua materi yang diberikan oleh Tim dengan sungguh-sungguh. Tanyakan bila ada penjelasan   yang kurang dipahami atau belum dimengerti sehingga nantinya seluruh peserta akan dapat menyiapkan materi yang akan dilombakan dengan baik. 

Pada kesempatan tersebut, Wadan Pusterad Mayjen TNI Bambang Ismawan, S.E., M.M., selaku Ketua Tim Sosialisasi dari Pusterad dan juga mewakili Danpusterad dalam hal ini menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kodam IX/Udayana yang sudah menerima dan memfasilitasi kami sebagai Tim dari Pusterad dalam rangka melaksanakan sosialisasi Lomba Binter  yang akan datang. 

Kegiatan sosialisasi ini dimaksudkan salah satunya adalah upaya untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan teritorial yang dilaksanakan melalui kegiatan Lomba Binter dan juga untuk mendapatkan masukan dari satuan-satuan kewilayahan yang berada di bawah apakah dengan Lomba Binter yang dilaksanakan sudah sesuai dengan harapan tentunya. “Jangan ada kesan bahwa Lomba Binter itu sudah pasti  ditentukan pemenangnya”, jelas Ketua Tim Sosialisasi. 

Dengan adanya sosialisasi ini, dalam pelaksanaan lomba nantinya diharapkan dapat mencari atau dinilai seobyektif mungkin dan transparan, sehingga didapat hasil pemenang lomba yang betul-betul maksimal sesuai harapan kita bersama. Selain itu juga, kegiatan Lomba Binter ini merupakan salah satu kegiatan yang cukup bergengsi karena yang memberikan penghargaan adalah Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad).

Kegiatan sosialisasi yang diakhiri dengan tanyajawab tersebut dihadiri juga oleh Danrem 162/WB, Aster Kasdam IX/Udayana, Kasrem 161/WS, Kasrem 163/WSA dan perwira staf terkait lainnya mengusung tema "Melalui Lomba Binter TA 2020-2021, Kita Mantapkan Sinergitas TNI AD Bersama Pemerintah Daerah, Instansi Terkait Dan Komponen Bangsa Lainnya Dalam Rangka Mengatasi Kesulitan Rakyat Guna Menyiapkan Ruang, Alat Dan Kondisi Juang Yang Tangguh". (Pendam IX/Udy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar