Rabu, 30 Desember 2020

Cegah Covid, TNI Edukasi Warga Perbatasan Membuat Desinfektan



Belu - Diantara tugas pokok serta tanggung jawab Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif RK 744/SYB Pos Lookeu mengenalkan tentang cara mudah membuat desinfektan untuk mencegah penyebaran covid 19 kepada warga perbatasan tepatnya di Desa Lookeu, Kec. Tasifeto Barat, Kab. Belu NTT.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif Raider Khusus 744/SYB Letkol Inf Alfat Denny Andrian dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur, Selasa (29/12/2020)

Dikatakannya, dilatarbelakangi kepedulian dari  anggota Pos Lookeu dalam melihat kondisi penyebaran virus Covid 19 di Provinsi NTT khususnya di Kabupaten Belu yang mulai membuat beberapa masyarakat menjadi resah. 

"Oleh sebab itu Danpos Lookeu Serka Athop Wichaksono berinisiatif membantu warga desa untuk dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menyediakan desinfektan secara mandiri dan memanfaatkan beberapa bahan yang mudah didapatkan," jelasnya.

Pada kesempatan itu Danpos Lookeu langsung menunjuk Tenaga Kesehatan (Takes) Pos Lookeu Pratu Risman Hidayat bersama 3 orang personel Pos untuk secara sukarela memberikan edukasi tentang cara membuat disinfektan yang mudah serta efektif sebagai sarana untuk mencegah penyebaran virus covid 19.

Terpisah, Pratu Risman menyebutkan beberapa bahan-bahan yang harus disiapkan dalam pembuatan desinfektan yaitu :

1. Sediakan 1 (satu) liter Air Tawar.
2. Campur dengan 2 (dua) sendok Bayclin.
3. Tambahkan 2 (dua) sendok wipol atau karbol wangi.
4. Serta campur dengan 1 (satu) tutup botol atau 4 (empat) sendok makan pembersih lantai.
5. Aduk dan masukan dalam pompa penyemprot. Disinfektan siap digunakan.

"Dengan memperkenalkan pembuatan desinfektan secara mandiri, menjadikan warga lebih mudah mendapatkan desinfektan untuk melindungi keluarga mereka dari bahaya virus corona," imbuh Risman.

Salah satu warga Desa Lookeu yaitu Bapak Petrus Berek (56) pekerjaan Petani menyampaikan ucapan terima kasihnya.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak TNI (Pos Lookeu) yang telah meluangkan waktu untuk berbagi ilmu tentang cara membuat desinfektan dengan tujuan yang mulia agar kami semua dapat secara mandiri membantu memutus mata rantai penyebaran virus covid 19," tutur Petrus. (Satgas Yonif RK 744/SYB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar