Sabtu, 30 Januari 2016

Aparat TNI-Polri Lakukan Sweeping di Naibonat Pasca Bentrok Antar Kelompok Masyarakat


Pendam IX/Udayana
30 Januari 2016
Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Pasca bentrok antar kelompok masyarakat di Desa Naibonat, Kupang Timur, Senin 25 Januari 2016 lalu, aparat keamanan melaksanakan sweeping, Jumat (29/01) di sekitar Desa Naibonat, Kupang Timur, Kabupaten Kupang.

Aparat keamanan yang melaksanakan kegiatan sweeping ini terdiri dari unsur Brimobda NTT dengan kekuatan 1 Pleton, anggota Koramil 1604-05/Camplong dengan kekuatan 15 personel, anggota Sabhara Polres Kupang 1 Pleton,  anggota Unit Intel Kodim 1604/Kupang 5 personel, anggota Intel Reskrim Polres Kupangm dan anggota Ranmor Polres Kupang dengan jumlah personel sekitar 300 orang. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Kupang.

Sejumlah barang bukti yang dapat diamankan oleh aparat pada kegiatan sweeping ini antara lain, 9 sejata tajam jenis sabit, 9 katapel, 1 anak panah, 2 buah pisau belati, 1 buah parang, 11 selosong munisi SS1, 2 buah meriam yang terbuat dari kaleng, 2 botol spritus, 4 kayu untuk panah, 4 buah batang besi, 4 buah senapan angin dengan kondisi baik serta14 butir peluru senapan angin.

Barang bukti yang diperoleh dari hasil sweeping ini selanjutnya dibawa ke Polres Kupang untuk diamankan.
Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan sweeping tersebut dilakukan untuk mengantisipasi adanya keributan kembali yang dilakukan oleh dua kelompok masyarakat yang disinyalir adalah perguruan pencak silat dengan menggunakan senjata tajam.
Yang lebih penting lagi kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan rasa nyaman kepada masyarakat sehingga dapat melaksanakan kegiatan sehari-hari secara normal dan menghindarkan terjadinya tindakan yang tidak diinginkan.

Pantauan di lapangan baik aparat kepolisian maupun TNI tetap berjaga dan memonitor keadaan supaya tetap aman dan terkendali.

1 komentar:

  1. Dengan dilakukannya sweeping semoga tidak terjadi bentrok masal masyarakat setempat. Semoga damai selalu negeriku. Terima kasih informasinya Kapten Nyoman Budiarta, SH.

    BalasHapus