Kamis, 28 Januari 2016

Danrem 162/WB, Memberi Wawasan Kebangsaan Kepada Siswa/Siswi Pondok Pesantren Qamarul Huda


Pendam IX/Udayana
28 Januari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Komandan Korem 162/WB Kolonel Czi Lalu Rudy Irham Srigede S.T.,M.Si, memberikan pembekalan kepada 250 Mahasiswa pondok pesantren Qamarul Huda Kamis (28/1) beretempat pondok pesantren Qamarul Huda desa Bagu Kec. Pringga Rata Lombok Tengah.

Pada kesempatan tersebut Danrem 162/WB Kolonel Czi Lalu Rudy Irham Srigede, S.T.,M.Si., memberikan materi Wawasan Kebangsaan yang meliputi NKRI, UUD 1945, Pancasila dan Sosial Budaya, adapun materi utama yang disampaikan Komandan Korem 162/WB yaitu mengenai Proxy War. Kegiatan ceramah yang dilaksanakan ini merupakan salah satu transformasi di bidang Teritorial khususnya dalam memantapkan Nilai-Nilai Wawasan Kebangsaan kepada segenap komponen bangsa.  Mengingat materi Proxy War ini sangat luas dan sangat penting untuk diketahui oleh seluruh kompenen lapisan masyarakat, untuk itu materi ini sangat ditekankan oleh Danrem 162/WB. Danrem berharap para peserta dapat benar-benar memahami dan mengerti setiap materi yang disampaikan khususnya mengenai  proxy war, sehingga nantinya kita dapat menjaga keutuhan bangsa dan negara ini dari ancaman yang dapat merusak generasi bangsa dan mengancam keutuhan NKRI. Penanaman keimanan  kepada Tuhan YME  kepada para siswa dan  penguasaan ilmu pengetahuan tersebut  harus pula dibarengi dengan penanaman  semangat dan jiwa nasionalisme kepada para Mahasiswa. Sifat nasionalisme dalam arti cinta tanah air ini sangat penting ditanamkan kepada siswa, karena kalau tidak memiliki nasionalisme, maka calon-calon pemimpin negeri ini  hanya akan mementingkan diri atau golongannya, sehingga negeri ini akan sulit maju dan bersaing dengan negara lain.

Dalam pembekalannya  Danrem 162/WB  menyampaikan beberapa hal tentang kondisi negeri ini, diantaranya bahwa  kondisi kehidupan nasional ini akan terwujud bila dibina secara terus menerus dengan sinergis, mulai dari pribadi, keluarga, lingkungan, daerah dan nasional. Dengan kegiatan pembekalan mengenai wawasan dan ketahanan nasional ini diharapkan para siswa yang nantinya akan terjun langsung ke masyarakat dan menjadi  tenaga pendidik di negeri ini akan meberikan pencerahan dan membawa angin segar terhadap harapan dan kemajuan  bangsa Indonesia.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh TGH Lalu Muhammad TurmuziBadaruddin pengasuh pondok pesantren Qamarul Huda, Dandim 1620/Loteng, Kepala BNN Prov. NTB. 

1 komentar:

  1. Udayana...

    Mantap Komandan, jika berkenan silahkan mampir ke http://simaktopdam09.blogspot.co.id/

    Terima kasih atas semua infonya di blog ini.

    BalasHapus