Jumat, 05 Agustus 2016

Kesehatan Anggota Kodim 1622/Alor Diperiksa

Pendam IX/Udayana
5 Agustus 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Guna mendukung tugas yang optimal sebagai Apkowil, sebanyak 87 orang personel Kodim 1622/Alor melaksanakan pemeriksaan kesehatan badan prajurit (Rikkes Bapras) Tw. II TA. 2016 yang dilakukan oleh Tim kesehatan PPBP AD Tk.II RST Wirasakti Kupang bertempat di aula Kodim 1622/Alor, Rabu (03/08/2016).

Personel yang melaksanakan pemeriksaan kesehatan terdiri dari 8 orang perwira, 59 orang Bintara, 11 orang Tamtama dan 9 PNS. Kegiatan ini merupakan program dari komando atas bertujuan untuk melihat sejauh mana kondisi kesehatan personel TNI AD khususnya di kodim 1622/Alor. Ketua Tim Kesehatan, Lettu Ckm Kandidus Oni kepada media mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari ini yakni kegiatan pemeriksaan kesehatan selama dua hari dan satu harinya kegiatan sosialisasi kesehatan.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendeteksi secara dini apabila ditemukan gejala penyakit yang diderita oleh anggota maka dapat segera ditangani atau di obati. Dr. Mardisam Mbeo kepada media menjelaskan bahwa, kesehatan sangat penting bagi kehidupan setiap orang, karena semua aktivitas kehidupan tergantung pada kondisi tubuh yang sehat. Banyak orang akan selalu berusaha agar kondisi kesehatan tubuhnya tetap dalam kondisi optimal dan prima, namun tidak sedikit pula orang yang sama sekali tidak peduli dengan kesehatannya, apalagi sebagai prajurit, kondisi kesehatan itu sangat diperlukan untuk mendukung tugasnya.

“Kesehatan bisa mengalami gangguan apabila pola makan dan pola hidup tidak teratur, pengaruh lingkungan karena faktor keluarga (keturunan)”, terang Mardisam. Adapun pemeriksaan yang dilaksanakan meliputi kesehatan tubuh bagian dalam yaitu EKG (Pemeriksaan Jantung), Pemeriksaan Darah, Urine dan Rontgen, sedangkan pemeriksaan fisik antara lain Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT), tekanan darah (tensi), gigi, mata, ambeien dan varikokel. Diakhir pemeriksaan apabila melalui diagnose dokter ahli nanti, ditemukan personel yang terindikasi dan menderita kelebihan kolesterol, darah tinggi, asam urat dan gula darah maka disarankan untuk melaksanakan pemeriksaan lanjutan dan pengobatan ke rumah sakit. (Kodim 1622/Alor)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar