Rabu, 24 Agustus 2016

Pangdam IX/Udayana: ”Cintailah rakyat maka niscaya kekuatan rakyat akan mendukung satuan kalian”


Pendam IX/Udayana
24 Agustus 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko M.D.A sebagai irup pada Upacara Peresmian Nama Yonif Raider 900/Satya Bhakti Wirottama dan Serah Terima Tugas, Wewenang Dan Tanggung Jawab Jabatan Danyonif Raider 900/Satya Bhakti Wirottama dari Letkol Inf Benny Rahadian, S.E., kepada Mayor Inf Handoko Yudho Wibowo Rabu (24/8/2016) di Lapangan Mako Yonif 900 Raider/SBW Singaraja.

Mengawali amanatnya Pangdam menyampaikan serah terima jabatan di lingkungan Kodam IX/Udayana merupakan bagian dari proses kaderisasi dan penyegaran, selaras dengan tuntutan kebutuhan organisasi. Di samping itu, alih jabatan dan penugasan merupakan momentum bagi para Perwira untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan wawasan manajerial, serta profesionalitas keprajuritan. 

Selanjutnya Pangdam menyampaikan bahwa Yonif Raider 900/Satya Bhakti Wirottama merupakan Batalyon yang berkedudukan langsung di bawah Pangdam IX/Udayana. Satuan ini mengemban tugas pokok melaksanakan Operasi Militer Perang dan Operasi Militer Selain Perang, serta tugas-tugas kewilayahan maupun tugas khusus yang diberikan sesuai petunjuk Pangdam IX/Udayana. Pelaksanaan tugas yang diemban Yonif Raider 900/SBW tersebut mempu-nyai peran penting dalam rangka mem-bantu menciptakan stabilitas di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, utamanya di Bali dan Nusa Tenggara. Dalam konteks Operasi Militer Selain Perang, misalnya, Satuan ini dapat pula diberikan tugas pengamanan VVIP dan membantu Kepolisian dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Batalyon Raider 900/SBW adalah satuan di jajaran TNI AD yang harus memiliki kemampuan dan profesionalisme yang tinggi, mampu melaksanakan tugas-tugas dalam operasi khusus seperti      Raid Penghancuran dan Pembebasan Tawanan, Operasi Mobud, Operasi Lawan Gerilya dan Pertempuran Jarak Dekat dengan motto cepat, senyap dan tepat. Kesemuanya itu bukanlah slogan dan kata-kata semata, tetapi suatu kondisi yang harus dimiliki oleh Batalyon Raider 900/SBW “Tegas Pangdam”.

Mengakhiri Amanatnya Pangdam IX/Udayana mengharapkan kepada Danyonif Raider 900/SBW yang baru, hendaknya dapat terus meningkatkan semangat dan kesungguhan dalam menempa dan melatih satuannya. Pimpin dan bawa Yonif Raider 900/Satya Bhakti Wirottama menjadi Batalyon kebanggaan dan teladan, tidak saja bagi jajaran Kodam IX/Udayana, tetapi bagi TNI AD dan TNI. Pada saat yang sama, jaga dan pelihara hubungan baik dan kebersamaan dengan segenap komponen masyarakat di wilayah ini, termasuk dengan jajaran TNI lainnya, Polri, dan Pemerintah Daerah. Ingat rakyat adalah ibu kandung dan juga sumber kekuatan TNI. Jadilah selalu contoh dan pelopor dalam mengatasi kesulitan rakyat di lingkungan. Cintailah rakyat maka niscaya kekuatan rakyat akan mendukung satuan kalian dengan ikhlas dan penuh kesungguhan. 

Pangdam mengucapkan terima kasih dan selamat bertugas sebagai Kasiopsrem 163/WSA Kepada Letkol Inf Benny Rahadian, S.E., beserta Isteri. Dengan pengalaman dan wawasan yang telah dimiliki, mudah-mudahan Letnan Kolonel akan dapat berkarya lebih baik lagi. Selanjutnya, kepada Mayor Inf Handoko Yudho Wibowo beserta Isteri Pangdam ucapkan selamat bertugas. Lakukan upaya yang terbaik, dan hanya yang terbaik, dalam mewujudkan semua harapan tinggi yang dibebankan kepada Batalyon ini.

Hadir pada Upacara Peresmian Nama Yonif Raider 900/Satya Bhakti Wirottama dan Serah Terima Tugas, Wewenang Dan Tanggung Jawab Jabatan Danyonif Raider 900/Satya Bhakti Wirottama diantaranya Bupati, dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten  Buleleng, Irdam, Danrem 163/Wira Satya, Asrendam, para Asisten Kasdam, Perwira Staf Ahli, LO AL dan LO AU serta para Dan/Ka Satuan Jajaran Kodam IX/Udayana serta Ketua, Wakil Ketua beserta Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Daerah IX/Udayana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar