Rabu, 19 Oktober 2016

TMMD adalah upaya TNI AD memperkuat ketahanan masyarakat sebagai potensi kekuatan wilayah.


 Pendam IX/Udayana
19 Oktober 2016

Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Stephanus Tri Mulyono menutup TMMD Ke 97 di Wilayah Kodim 1617/Jembrana degan tema " Dengan Semangat Kemanunggalan Serta Kerjasama Lintas Sektoral dan Lintas Komponen Bangsa Kita Tingkatkan Percepatan Pembangunan di Daerah Guna Meningkatkan Kesejahtraan Rakyat" Rabu (19/10/2016) di lapangan umum Dusun Pasar Ds. Gumbrih Kec. Pekutatan Kab. Jembrana telah dilaksanakan.

Pada kesempatan tersebut Kasad dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kasdam IX/Udayana menyampaikan Lebih kurang satu bulan  sejak 20 September 2016 para prajurit, pemerintah daerah dan segenap komponen masyarakat telah bekerjasama menyelesaikan program TMMD ke-97 dimana Kebersamaan yang sudah lama kita bangun dan selalu kita jaga ini merupakan sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi Bangsa pada masa sekarang ini, salah satu diantaranya ialah dengan membantu Pemda dalam menyiapkan dan memperbaiki infrastruktur serta mengakselerasi program Pemda yang sangat dibutuhkan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan bersama Serta ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu secara moril dan materiil, karena berkat kerja keras dan kesungguhan dari semua unsur, kegiatan TMMD ke-97 ini dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

Selanjutnya Kasad dalam amanatnya menyampaikan bahwa Program TNI Manunggal Membangun Desa ini telah dimulai sejak tahun 1980-an dengan sebutan Program ABRI Masuk Desa (AMD). Setelah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan, program TMMD yang telah berlangsung selama lebih kurang 35 tahun ini, semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Program TMMD masih sangat dibutuhkan, dimana sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan, sehingga keterlibatan TNI dalam membangun sarana prasarana dan infrastruktur wilayah masih sangat relevan dan sesuai dengan koridor Undang-Undang. TMMD ke-97 tahun 2016 ini, telah menyelesaikan sebanyak 165 sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur yang tersebar di berbagai wilayah Kodam di seluruh Indonesia, diantaranya ialah pembangunan sarana berupa pembangunan jalan baru, pembuatan jalan makadam, rabat jalan, peningkatan jalan, betonisasi jalan, semenisasi serta penimbunan, pelebaran dan pengerasan jalan. Selain itu, TMMD tahun ini juga melaksanakan pembangunan infrastruktur lainnya yaitu pembuatan dan rehab jembatan, pembuatan tanggul dan gorong-gorong, pembangunan halte, pembuatan pos kamling, pembuatan sarana olah raga, serta renovasi dan pembangunan rumah ibadah serta sekolah. Termasuk juga pembangunan sarana sanitasi dan pusat-pusat kegiatan masyarakat. Disamping sasaran fisik telah menyelesaikan sasaran non-fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat tentang Bela Negara dan Ketahanan Nasional. Pembangunan Non-fisik ini sangat dibutuhkan dalam rangka memelihara dan memperkokoh jiwa dan Semangat Nasionalisme masyarakat dalam menangkal berbagai ancaman disintegrasi Bangsa yang dilancarkan melalui Proxy War, berupa maraknya peredaran dan penyalahgunaan Narkoba, masih eksisnya bahaya terorisme, meningkatnya aksi kriminalitas secara kualitas dan kuantitas, serta isu bangkitnya kembali komunisme. Oleh karenanya TMMD ini adalah salah satu upaya TNI AD dalam memperkuat dan memberdayakan ketahanan masyarakat sebagai potensi kekuatan wilayah.

Rangkaian kegiatan Upacara Penutupan  TMMD selesai dalam keadaan tertib dan aman, serta di lanjutkan penyerahan Bola Voly dan Net kepada Kepala Ds. Gumbrih dan Kepala Desa Pengragoan oleh Kasdam IX/Udayana dan Bupati Jembrana , beserta tamu undangan lainya dan dilanjutkan pengundian dorpres kepada masyarakat oleh panitia, dilanjutkan Kasdam IX/Udayana beserta Tamu undangan  menuju lokasi Jembatan di Dusun Serong Kec. Pekutatan Kab. Jembrana dalam rangka peresmian Jembatan dilanjutkan penandatanganan Pransasti dan pemotongan pita oleh Bupati Jembrana di dampingi oleh Kasdam IX/Udayana  beserta tamu undangan lainya.

Hadir pada upacara penutupan TMMD Ke 97 di Wilayah Kodim 1617/Jembrana diantaranya : Kasdam IX/Udayana, Para Kabalak Jajaran Kodam IX/Udayana, Para Asisten Kasdam IX/Udayana, Kasrem 163/ WSA, Irwasda Polda Bali (Kombes Sukamsa), Para Dandim jajaran Korem 163/WSA, Unsur FKPD Kab. Jembrana, Ketua Pengadilan Negeri Negara, Para Kapolsek Jajaran Polres Jembrana, Unsur Muspika se-Kab. Jembrana, Bendesa adat Desa pakraman se-Kec. Pekutatan, FKPPI Kab. Jembrana serta Ibu-Ibu Persit Kartika Candra Kirana, Ibu-ibu Bhayangkari dan Ibu PKK Kab. Jembrana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar