Selasa, 27 Desember 2016

Pendam IX/Udayana Ajak Warga Br. Tegal Gerana Bersihkan Kebun




Pendam IX/Udayana
Selasa, 27 DEsember 2016

Penerangan Kodam IX/Udayana dibawah Komando Waka Pendam IX/Udayana, Letnan Kolonel Inf M Marzuki bersama warga masyarakat Banjar Tegal Gerana melaksanakan karya bhakti pembersihan perkebunan yang ditanami pohon Albesia pada Selasa (27/12) di Br. Tegal, Desa Gerana, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung.

Kegiatan ini merupakan program kerja Penerangan Kodam IX/Udayana dalam Tri Wulan IV di akhir tahun 2016, melaksanakan kegiatan karya bhakti bersama dengan masyarakat dengan tujuan untuk lebih mendekatkan warga masyarakat dalam rangka penguatan kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Adapun sasaran yang dikerjakan kali ini adalah pembersihan lingkungan Pura Merajapati dan pembersihan perkebunan dengan luas sekitar 1 hektar yang ditanami dengan 3.000 pohon Albesia milik warga Banjat Adat Tegal, Desa Gerana. Menurut penuturan Kelihan Banjar Adat Br. Tegal, I Ketut Jengki menyampaikan perkebunan ini adalah milik warga Banjar Adat Tegal, Desa Gerana yang sampai saat ini sudah ditanami dua perioda pohon Albesia, sudah pernah dilaksanakan panen satu kali dengan hasil sekitar lima puluh juta rupiah, hasil yang dicapai ini memang sangat dirasakan manfaatnya dan sangat membantu masyarakat dalam pemupukan keuangan (Kas) Br. Adat, yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk keperluan kegiatan sosial keagaan terutama dalam mendukung pelaksanaan Upacara Piodalan di Pura maupun kegiatan pembangunan Kahyangan Suci serta untuk mendukung kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya.

Capaian hasil yang sangat membantu untuk ukuran lahan yang tidak produktif (Lahan curam dan lapisan tanahnya sangat tipis serta berbatu padas) ini pada akhirnya dapat memotifasi masyarakat untuk menanam pohon Albesia perioda kedua, seperti yang ada sekarang ini. Untuk memacu Pohon agar cepat besar dan bisa segera dipanen, pohon ini juga membutuhkan perawatan, paling tidak dibersihkan dari tumbuhan, semak-semak dan pepohonan parasit yang merayap di dahan pohon yang sangat menggangu dan menghambat pertumbuhan pohon, pembersihan seperti ini memang dilaksanakan secara berkala oleh warga banjar adat agar pohon cepat besar, demikian tutur Ketut Jengki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar