Rabu, 04 Januari 2017

Babinsa Koordinir Penyemprotan Serentak Tanaman Jagung Tejakula



Pendam IX/Udayana
Rabu, 4 Januari 2017

Pengamanan produksi untuk kegiatan swasembada pangan padi, jagung, kedelai (Pajale) di wilayah kabupten Buleleng seperti desa Pacung, desa Bondalem dan desa Les diikuti oleh para Babinsa Koramil 1609-04/Tejakula, petugas Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (POPT), dan Kelompok Tani kecamatan Tejakula, selasa (3/1).

Danramil 1609-04/Tejakula, Kapten Inf Suparsana, mengatakan bahwa dalam rangka mensukseskan program ketahanan pangan nasional ini, diperlukan kerja sama yang sinergis antara petugas penyuluh lapangan (PPL) dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) di lapangan, serta kelompok tani di wilayah. Diharapkan dengan kerja sama ini, wilayah kecamatan Tejakula Kabupaten  Buleleng dapat ditingkatkan potensi sumber daya wilayahnya, khususnya dalam produksi pangan. Lebih lanjut dijelaskan, “kondisi wilayah desa kecamatan Tejakula masih sangat potensial untuk mengembangkan program swasembada pangan selain padi, yaitu Jagung dan kedelai,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Petugas Organisme Pengganggu Tanaman (POPT), mengucapkan terima kasih kepada para Babinsa Koramil 04/Tejakula atas dukungan dalam rangka mensukseskan program swasembada pangan nasional

Ia menambahkan, Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (POPT)  di kecamatan Tejakula dibiayai dari dinas pertanian provinsi lewat Laboratorium pengendalian hama penyakit (PHB) dengan menggunakan pestisida ramah lingkungan, Pesnab, BVRIA, CORINE, dan Bakterium.

Petugas POPT mengatakan, “Sasarannya  untuk mengendalikan hama dan penyakit tanaman pangan secara umum, dengan luas lahan 5 hektar langsung dikordinator oleh petugas kami dan para Babinsa dilapangan,” jelasnya. (Penrem 163/Wira Satya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar