Rabu, 19 April 2017

Koordinasi Antar Instansi Terus Dilakukan Guna Sukseskan Program Swasembada Pangan



Pendam IX/Udayana
Rabu, 19 April 2017

Dalam rangka mensukseskan program swasembada pangan khususnya untuk wilayah Prov. NTB pada hari Rabu 19 April 2017 bertempat di hotel Bintang Senggigi  Kasrem 162/WB  bersama Dandim  jajaran  Korem  162/WB, Pasiter Kodim jajaran Korem 162/WB,  para  Danramil dan Babinsa jajaran Korem 162/WB, menghadiri acara Workshop dan Rakor Pendampingan Upsus Pajale yang diadakan oleh  Dinas Pertanian Prov. NTB.

Dalam kesempatan tersebut  Kasrem 162/WB Letkol Inf Hery Setiyanto, S.IP. menyampaikan beberapa hal diantaranya mengenai  hasil upsus yang masih jauh dari target, Brigade Alsintan belum dimanfaatkan secara optimal, untuk itu diharapkan kepada Distan agar memaksimalkan Alsintan yang ada.

Kepada Kapoktan Kasrem juga menyampaikan agar Kapoktan mengajukan surat ke Distan untuk mendapatkan  Alsistan. Dalam kesempatan tersebut Kasrem juga meminta kepada para Danramil dan Babinsa serta masyarakat  untuk kerjasama dalam menangani berbagai kendala seperti mempelancar saluran irigasi.

Perlu diketahui Babinsa bukan pengganti  penyuluh pertanian tetapi Babinsa harus bekerjasama dengan penyuluh pertanian. Selain itu distribusi pupuk agar betul-betul dikawal sehingga sampai ke Kapoktan. Untuk kegiatan cetak sawah kedepan diharapkan kerjasama antar TNI dengan instansi terkait dalam pemilihan lahan  betul-betul dapat memilih lahan yang produktif. Selain itu LTT pajale masih rendah belum optiomal prime untuk ditingkatkan, oleh sebab itu diharapkan antar instansi dapat saling mengisi dan berkoordinasi, mekanisme kerja juga perlu ditingkatkan, serta sinergitas antara Korem 162/WB khususnya Kodim jajaran dengan  Dinas Pertanian Kab/Kota, begitu juga dengan bakorluh dan instansi terkait lainnya supaya lebih ditingkatkan agar pendampingan nantinya dapat lebih optimal.

Sebelum mengakhiri sambutannya Kasrem juga menekankan agar meningkatkan  koordinasi antar Distan, BP2KP mengenai pencatatan LTT agar sinkron dan akurat serta perlu adanya  peningkatan kinerja di Posko, dengan adanya Rakoor ini diharapkan NTB dapat  mewujudkan kedaulatan pangan. Hadir juga dalam acara tersebut Penanggung Jawab Upsus Prov. NTB Dr. Ir. Mastur M.Si, Kadis Pertanian dan Perkebunan Prov. NTB, Dekan Pertanian Unram, Kepala Divre Bulog Prov. NTB, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Balitbangtan Prov.  NTB, Petugas Data Upsus Kabupaten/Kota se NTB, Koordinator Penyuluh  Kab/Kota dan  Kapoktan Kab/Kota.  (Penrem 162/Wira Bhakti)
             

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar