Selasa, 25 April 2017

Rayakan Isra Mi'raj, Kodim 1613 Sumba Barat Gelar Donor Darah


Pendam IX/Udayana
Selasa, 25 April 2017

Kodim 1613/Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur merayakan Hari Raya Isra Mi'raj dengan menyelenggarakan kegiatan donor darah pada Senin (24/04/2017) bertempat di Masjid Agung Al- Azhar Waikabubak Jalan  A. Yani Kelurahan Komerda, Kecamatan Kota Waikabubak,Kegiatan donor darah itu juga dihadiri oleh Dandim 1613/Sumba Barat Letkol Inf. Fifin Zudi Syaifuddin, S.Pd.

Menurut dandim Sumba Barat,  donor darah merupakan kegiatan yang sangat mulia yang dapat memberikan manfaat kepada orang lain dan diri sendiri bagi yang mendonorkan darahnya, sebab dengan beberapa tetesan darah yang dialirkan kepada orang lain nyawa orang tersebut bisa tertolong untuk hidup bersama kita.

"Sudah tentu pastinya bagi pendonor darah kesehatannya dapat terawasi (check up rutin dalam waktu setiap tiga bualan) kenapa demikian karena sebelum mendonorkan darah terlebih dahulu akan diadakan pemeriksaan oleh dokter atau tenaga medis lainnya seperti cek mengenai berat badan, tekanan darah, frekuensi nadi", ungkap Letkol Fifin

Dikatakannya, TNI dalam hal ini Kodim/1613 Sumba Barat ikut serta untuk mensukseskan kegiatan kemanusiaan donor darah membantu sesuai dengan kemampuan yang dimiliki Kodim. Mengenai sarana dan prasarana dan tenaga kesehatan Kodim juga dilibatkan agar kegiatan berjalan aman dan lancar.
Sementara itu, Kasdim 1613/Sumba Barat, Mayor Inf Kasim mengatakan jumlah peserta yang ikut dalam kegiatan donor darah tersebut sebanyak 45 orang terdiri dari 20 orang personel Kodim 1613/Sumba Barat dan 25 orang masyarakat setempat dengan tim medis dari Rumah Sakit Umum Waikabubak sebanyak 5 orang, Palang Merah Indonesia Waikabubak 3 orang ditambah Poskesdim 1 orang.

"Darah yang terkumpul sebanyak 25 kantong dari golongan darah AB,  1 kantong golongan B+, 7 kantong golangan O+, 11 kantong golongan A+, 5 kantong. Meskipun jumlah yang hadir dalam kegiatan donor darah 45 orang, tetapi sebagian tidak memenuhi persyaratan untuk donor dikarenakan tensi tinggi dan rendah", katanya. (Penrem 161/WS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar